Pelaksanaan Konseling Behavioral Berbasis Islam Untuk Mengatasi Kenakalan Siswa Di MAN 1 Brebes

Maghfiroh, Riris (2022) Pelaksanaan Konseling Behavioral Berbasis Islam Untuk Mengatasi Kenakalan Siswa Di MAN 1 Brebes. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3518044-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3518044-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
3518044-Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kenakalan remaja di lingkungan sekolah sepertinya bukan permasalahan yang baru, akan tetapi sudah menjadi masalah dibanyak sekolah. Oleh karena itu kenakalan siswa harus diatasi dengan serius dan berkelanjutan, karena remaja merupakan aset generasi penerus bangsa, peran bimbingan dan konseling khususnya dalam pelaksanaan konseling behavioral berbasis Islam sangat diperlukan dalam mengatasi masalah kenakalan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kenakalan siswa di MAN 1 Brebes, (2) bagaimana pelaksanaan konseling behavioral berbasis Islam untuk mengatasi kenakalan siswa di MAN 1 Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kenakalan siswa di MAN 1 Brebes, (2) mengetahui pelaksanaan konseling behavioral berbasis Islam untuk mengatasi kenakalan siswa di MAN 1 Brebes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenakalan siswa di MAN 1 Brebes terbagi menjadi dua kategori yaitu kenakalan siswa yang bersifat amoral/asosial dan kenakalan siswa yang bersifat pelanggaran hukum. Pelaksanaan konseling behavioral ini dilakukan melalui empat tahapan diantaranya yaitu: (1) melakukan asesmen (assessment), (2) menetapkan tujuan (goal setting), (3) implementasi teknik (technique implementation), (4) evaluasi dan pengakhiran (evaluation-termination). Teknik yang digunakan guru BK dalam melaksanakan konseling behavioral yaitu menyesuaikan permasalahan siswanya, karena setiap siswa memiliki kenakalan yang berbeda-beda jadi teknik yang digunakan tentu saja berbeda. Teknik tersebut diambil dari teknik-teknik konseling behavioral, kemudian dalam melaksanakan konseling guru BK mengaitkannya dengan ajaran-ajaran Islam. Hasil dari pelaksanaan konseling beavioral berbasis Islam tersebut dapat membawa perubahan yang baik pada siswa dan mereka juga ingin berubah dan tidak mengulangi perbuatanperbuatannya lagi, kemudian mereka juga bersedia menerima konsekuensinya dari guru BK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling Behavioral, Kenakalan Siswa.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:40
Last Modified: 21 Aug 2024 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10543

Actions (login required)

View Item View Item