Anggreani, Maulina (2022) Persepsi Konseli Terhadap Layanan Konseling Online di Platform Berbagicerita.id. Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
3518026-Bab1&5.pdf Download (1MB) |
|
Text
3518026-Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
3518026-Lampiran.pdf Download (795kB) |
Abstract
Konseling online merupakan inovasi baru dalam dunia konseling, konseling online adalah pelaksanaan proses konseling dengan menggunakan jaringan internet. Tidak jarang dalam pelaksanaan konseling online menimbulkan beberapa isu negatif salah satunya terkait kode etik dalam pelaksanaan konseling online. Selain itu konseling online mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri karena pelaksanaannya yang masih terbatas. Dalam mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan adanya persepsi seseorang terhadap layanan konseling online untuk mengetahui kebenarannya apakah isu-isu negatif yang beredar benar adanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana layanan konseling online di platform Berbagicerita.id?, (2) Bagaimana persepsi konseli terhadap layanan konseling online di platform Berbagicerita.id? kemudian penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana layanan konseling online di platform Berbagicerita.id, (2) Untuk mengetahui bagaimana persepsi konseli terhadap layanan konseling online di platform Berbagicerita.id. metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pelaksanaan layanan konseling online di platform Berbagicerita.id sudah sesuai dengan tahapan konseling online yaitu. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan tahap konseling online yang sudah dilakukan dengan baik terkait tahap persiapan, tahap proses konseling, dan tahap pasca konseling meskipun dalam tahap pasca konseling belum dilakukan secara sempurna. Persepsi konseli terhadap layanan konseling online di platform Berbagicerita.id cenderung positif. Adapun persepsi negatif konseli yaitu tampak dari persepsi konseli terhadap tahap proses konseling online di platform Berbagicerita.id bahwa durasi waktu konseling yang terbatas yang pada akhirnya konseli tidak dapat menceritakan permasalahannya secara spesifik ketika permasalahannya cukup rumit, proses konselingnya kurang nyaman karena sudah mengetahui latar belakang konselor yang dengan mudah dapat diketahui oleh konseli karena informasi terkait biodata anggota komunitas Berbagicerita.id dapat diakses dengan mudah oleh konseli , contohnya ketika ternyata konselor lebih muda dari pada konseli dan konseli kurang nyaman untuk bercerita dan juga ragu dengan konselor yang bisa jadi kurang berpengalaman.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: konseling Online, Persepsi | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2024 01:25 | ||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2024 01:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10548 |
Actions (login required)
View Item |