Pelaksanaan Bimbingan Karir Islami dalam Mengembangkan Minat Studi Lanjut Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Kedungwuni.

Febrianti Rizky, Nuurmilenia (2022) Pelaksanaan Bimbingan Karir Islami dalam Mengembangkan Minat Studi Lanjut Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3518021-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3518021-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3518021-Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Minat studi lanjut adalah kecenderungan yang mengandung unsur keinginan, perasaan senang, penuh perhatian, ketertarikan, dorongan dan kemauan untuk melanjutkan pendidikan ketingkatan yang lebih tinggi setelah lulus dari sekolah asal. Minat siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni sangat tinggi, terbukti dari banyaknya siswa yang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Dengan potensi siswa yang minat studi lanjut nya tinggi perlu adanya bimbingan karir yang harus dilakukan hal ini guna memantau dan memaksimalkan. Bimbingan karir yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kedungwuni yaitu bimbingan klasikal yang terjadwal. Layanan pelaksanaan bimbingan karir islami dalam mengembangkan minat studi lanjut siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Kedungwuni merupakan bentuk pelayanan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa agar siswa lebih terarah dalam menentukan studi lanjutnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana minat studi lanjut siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Kedungwuni? (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan karir islami dalam mengembangkan minat studi lanjut siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Kedungwuni? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan teknik validitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat studi lanjut di SMA Negeri 1 Kedungwuni mencapai 80%. Siswa-siswi nya memiliki antusias dan rasa ingin tahu yang tinggi mengenai perguruan tinggi. Hal ini menunjukan bahwa siswasiswi merasa senang dengan adanya bimbingan karir jadi lebih terarah dalam menentukan studi lanjut. Bimbingan karir diberikan sejak kelas X, kemudian di kelas XII pengaplikasian yaitu memantapkan apa yang sudah direncanakan sejak kelas X. Bimbingan karir Islami yang diberikan yaitu diadakannya nariahan atau do’a bersama setiap 2 minggu sekali di rumah siswa, bergantian. Siswa-siswi juga diwajibkan untuk melakukan sholat dhuha berjamaah, kemudian guru BK mengingatkan selain belajar juga harus rajin berdo’a supaya apa yang diinginkan terwujud, yaitu berikhtiar dengan cara sholat tahajud dan istikharah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat Studi Lanjut dan Bimbingan Karir Islami
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:33
Last Modified: 22 Aug 2024 01:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10549

Actions (login required)

View Item View Item