Zulianah, Zulianah (2022) Peran Pembimbing Dalam Program Inisiasi Sekolah Ramah Anak Pada Tingkat Sekolah Dasar Di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
3518019-Bab1&5.pdf Download (1MB) |
|
Text
3518019-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
3518019-lampiran.pdf Download (938kB) |
Abstract
Kota Pekalongan sebagai Kota Layak Anak maka setiap sekolah harus menjadi sekolah ramah anak. Banyaknya kasus kekerasan di lingkungan sekolah membuat pemeritah kota Pekalongan membuat sekolah ramah anak. Sekolah merupakan tempat yang aman, nyaman dan bersih untuk belajar ketika berada di sekolah. SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan turut mendeklarasikan sebagai sekolah ramah anak. Selain adanya aturan dari pemerintah Kota Pekalongan di SD Islam Azhar karena awal berdiri sudah menerapkan sekolah ramah anak. Dengan adanya sekolah ramah anak anak mengurangi kekerasan yang berada di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, sekolah ramah anak perlu adanya pembimbig dalam mewujudkan sekolah ramah anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran pembimbing dalam program inisiasi sekolah ramah anak pada tingkat sekolah dasar di SD Al Azhar 60 Pekalongan? (2) Bagaimana program inisiasi sekolah ramah anak pada tingkat Sekolah Dasar di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan? Kemudian penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peran pembimbing dalam program inisiasi sekolah ramah anak pada tingkat Sekolah Dasar di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan (2) Untuk mengetahaui program inisiasi sekolah ramah anak pada tingkat Sekolah Dasar di SD Islam Al Azhar 60 Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan (field research) dengan memakai pendekatan kualitatif. Metode pegumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Bentuk analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pembimbing sudah melakukan perannya sebagai pembimbing. Ada lima dimensi yang sudah dilakukan diantanya sebagai berikut: sebagai pembimbing, motivator, mediator, fasilitator dan evaluator. Sedangkan yang belum dilakukan pembimbing adalah inisiator. Untuk inisiasi sekolah ramah anak sudah dilakukan semua adapun indikatornya sebagai berikut: kebijakan sekolah ramah anak, proses pembelajaran yang ramah anak, pendidik dan kependidikan terlatih hak-hak anak, sarana dan prasarana sekolah ramah anak, partisiapsi anak, Pasrtisipasi orang tua, oragnisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan stakeholder
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : peran pembimbing, sekolah ramah anak, sekolah dasar. | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:09 | ||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10551 |
Actions (login required)
View Item |