Pelaksanaan Bimbingan Individu Melalui Layanan Home Visit Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa di SMKN 1 Sragi

Arselinda, Lutfian (2023) Pelaksanaan Bimbingan Individu Melalui Layanan Home Visit Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa di SMKN 1 Sragi. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3517091-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517091-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3517091-lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses belajar dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban. Sikap dan perilaku yang demikian,tercipta dengan proses binaan melalui keluarga, pendidikan, dan pengalaman. Lain halnya dengan beberapa siswa yang suka melanggar peraturan sekolah, seperti membolos sekolah, siswa terlambat masuk kelas, serta siswa tidak mengumpulkan tugas dan lain sebagainya merupakan tindakan yang sepatutnya tidak dilakukan. Pembentukan sikap disiplin dalam diri siswa akan membuatnya mampu membedakan hal-hal apa yang seharusnya dilakukan, yang wajib dilakukan, yang boleh dilakukan serta yang tak sepatutnya dilakukan. Dari latar belakang terebut muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa di SMKN 1 Sragi?. 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan individu melalui layanan home visit dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa di SMKN 1 Sragi? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa di SMKN 1 Sragi. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan individu melalui layanan home visit dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa di SMKN 1 Sragi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman antara lain: Reduksi data, Penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diberikan bimbingan individu melalui layanan home visit keadaan siswa masih belum mencerminkan sikap disiplin dalam belajar di sekolah dengan melanggar peraturan-peraturan yang ada di sekolah. Namun setelah diberikan bimbingan individu melalui layanan home visit, sekarang siswa sudah mampu menerapkan sikap displin dalam dirinya baik disiplin waktu ataupun disiplin perbuatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHirmawati, IzzaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Bimbingan Individu Melalui Layanan Home Visit
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:24
Last Modified: 23 Aug 2024 03:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item