Pengaruh capital adequacy ratio (CAR), beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO), non performing financing (NPF) dan net profit margin (NPM) terhadap profitabilitas pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode Tahun 2013-2016

Choirunisah, Choirunisah (2017) Pengaruh capital adequacy ratio (CAR), beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO), non performing financing (NPF) dan net profit margin (NPM) terhadap profitabilitas pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode Tahun 2013-2016. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (18MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Bank mempunyai peran yang besar dalam kegiatan perekonomian dimana bank mempunyai fungsi utama sebagi media yang menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat, oleh karena itu bank harus dapat menjaga kepercayaan masyarakat dengan menjamin tingkat likuiditas juga beroperasi secara efektif dan efisien untuk mencapai keuntungan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Financing (NPF) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Profitabilitas (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2013-2016. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2013-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan sampel penelitian Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat dan Bank BRI Syariah perioode 2013-2016. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji koefisien regresi parsial, asumsi klasik yang meliputi uji multikolonieritas, uji normalitas data, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas Dari hasil pengujian yang dilakukan peneliti ini diketahui secara simultan variabel independen CAR, BOPO, NPF dan NPM berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA), hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 32,771 dengan nilai F table 2,600 atau F hitung > F tabel. Dari pengujian parsial diperoleh hasil bahwa nilai thitung CAR sebesar 0,068 dengan nilai t table sebesar 2,020 atau t hitung < t table sehingga CAR tidak berpengaruh terhadap ROA. Untuk BOPO diperoleh nilai thitung -5,347 atau t hitung > t table yang artinya BOPO berpengaruh negative signifikan terhadap ROA. Untuk NPF diperoleh nilai thitung -5,091 atau t hitung > t table artinya NPF berpengaruh negative signifikan terhadap ROA. Untuk NPM diperoleh nilai thitung 3,697 atau nilai t hitung > t table,artinya NPM berpengaruh signifikan terhadap ROA. Nilai Ajusted R Square sebesar 0, hal ini berarti 74,3% variasi ROA dapat dijelaakan oleh variasi dari keempat variabel independen CAR, BOPO, NPF dan NPM, sedang sisanya 25,7 %dijelaskan oleh variabel diluar model.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Financing (NPF) dan Net Profit Margin (NPM), Profitabilitas (ROA)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:12
Last Modified: 10 Nov 2020 03:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item View Item