Pelaksanaan Layanan Home Visit Untuk Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa MAN 1 Pekalongan

Amri, Gus Khoiri (2024) Pelaksanaan Layanan Home Visit Untuk Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa MAN 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3517084_Cover_BabI dan Bab V.pdf

Download (632kB)
[img] Text
3517084_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Kedisiplinan belajar diartikan sebagai bentuk kepatuhan siswa dalam menjalankan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah dan guru dalam proses pembelajaran karena didorong oleh kesadaran yang ada pada kata hatinya, kesadaran ini diperoleh melalui latiahn-latiahan. Sedangkan manfaat disiplin secara umum adalah menjamin adanya pengendalian dan penyatuan tekad, sikap dan tingkah laku demi kelancaran pelaksanaan tugas serta tanggung jawab yang diberikan kepada siswa. Home visit adalah bagian dari kagiatan pendukung dalam konseling, hal ini biasanya di lakukan oleh guru pembimbing dengan cara berkunjung ke rumah siswa. home visit merupakan layanan responsif yang diberikan kepada siswa yang sedang dalam permasalahan selama proses pembelajaran, serta memberikan bantuan dengan segera kepada siswa yang membutuhkan Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi kedisiplinan belajar siswa di MAN 1 Pekalongan? 2) Bagaimana layanan home visit untuk membentuk kedisiplinan belajar pada siswa MAN 1 Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Untuk mengetahui membantu siswa untuk mengembangkan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan professional untuk menghindari masalah yang dialamai sisa yang mengganggu kehidupan sehari-hari yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa pelaksanaan home visit untuk membentuk kedisiplinan belajar siswa dapat dikatakan sukses karena siswa yang sudah mendapatkan pelayanan home visit mengalami perubahan tentang kediplinan belajar siswa, dalam pelaksanaan ini ada tiga tahapan yang dilakukan yaitu, tahap persiapan atau perencanaan home visit, proses atau pelaksanaan konseling, dan evaluasi ketiga tahap itu sudah sesuai, siswa yang mendapatkan pelayanan ini adalah siswa yang jarang mengikuti pembelajaran dan siswa yang jarang mengumpulkan tugas, dan hamper semua siswa yang mendapatkan pelayanan home visit sudah mengalami perubahan dengan mengikuti kelas dan menyelesaikan tugas dan mengumpulkan tepat waktu

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadhifatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Home Visit, Kedisiplinan Belajar Siswa.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:19
Last Modified: 19 Sep 2024 03:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item