Nilai-nilai Bimbingan Islam dalam Novel Pulang karya Tere Liye. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

Ayunita, Riski (2023) Nilai-nilai Bimbingan Islam dalam Novel Pulang karya Tere Liye. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2041116003-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2041116003-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Layanan bimbingan Islam tidak hanya didapat melalui ceramah atau tatap muka saja namun juga bisa melalui media seperti buku. Dalam layanan bimbingan konseling, penggunaan buku sebagai media layanan dikenal dengan teknik bibliokonseling. Teknik ini membuat pembaca secara tidak langsung diberi nasehat melalui tulisan yang ada di dalam buku serta pembaca juga dapat mengambil pembelajaran dari kisah yang diceritakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai bimbingan Islam dalam novel Pulang karya Tere Liye serta bagaimana teknik penyisipan nilai-nilai bimbingan Islam dalam novel Pulang karya Tere Liye. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), seperti buku, referensi, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai bimbingan Islam dalam novel Pulang karya Tere Liye ditunjukan melalui unsure intriksik dalam novel. Unsur intrinsik dalam novel yang dimaksud seperti: (a) Tokoh dan penokohan, (b) Alur/plot, dan (c) Latar/ setting. Nilai-nilai bimbingan Islam yang terdapat di dalam novel Pulang karya Tere Liye diantaranya: 1) Keimanan atau Aqidah (iman kepada Allah SWT, iman kepada Kitab-Nya, dan iman kepada Takdir Allah), 2) Nilai Syariah (perihal panggilan untuk melaksanakan shalat), dan 3) Nilai Akhlak (bimbingan makan dan minum Bimbingan untuk hidup bersama orang tua, dan bimbingan Untuk Menghadapi Musibah)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Islam, Bimbingan Islam, Novel Pulang Karya Tere Liye
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:33
Last Modified: 26 Aug 2024 08:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item