Implementasi Bimbingan Karir Melalui Pendekatan Modelling dalam Perencanaan Karir Siswa di Madrasah Aliyah KH Syafi’i Buaran

Naini, Ayu (2023) Implementasi Bimbingan Karir Melalui Pendekatan Modelling dalam Perencanaan Karir Siswa di Madrasah Aliyah KH Syafi’i Buaran. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519024-Bab1&5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3519024-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini permasalahan perencanaan karir di Madrasah Aliyah KH Syafi’i Buaran yang kurang matang karena faktor ketidaktahuan dan keraguan dalam menentukan karir di masa depan seperti meniru keputusan teman-temannya, kurang mampu memilih pekerjaan sesuai dengan kemampuan serta belum menentukan perjuruan pada perkuliahan. Rumusan masalah yang diungkap adalah bagaimana perencanaan karir siswa di Madrasah Aliyah KH Syafi’i Buaran dan bagaimana implementasi bimbingan karir melalui pendekatan modelling dalam perencanaan karir siswa di Madrasah Aliyah KH Syafi’i Buaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus yaitu jenis penelitian yang dilakukan di tempat yang diteliti gejala tersebut. Penelitian ini di maksutkan mempelajari keadaan secara alami yaitu melalui observasi, wawancara sumber terkait perencanaan karir di Madrasah Aliyah KH Syafi’i Buaran dan fokus pada bimbingan karir melalui pendekatan modelling dalam perencanaan karir siswa serta data tambahan lain yang digunakan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Perencanaan karir siswa di Madrasah Aliyah KH Syafi’i Buaran sudah memiliki aspek perencanaan karir yang baik yaitu memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap diri sendiri, memiliki pengetahuan dan pemahaman hubungan antara hubungan diri sendiri dan pemahamannya dalam pekerjaannya. Bimbingan karir atau bantuan yang diberikan kepada siswa di Madrasah Aliyah KH Syafi’i Buaran ini membimbing siswa menemukan pilihan karir yang akan dipilih. Dengan tahapan awal idenfikasi masalah siswa, kedua melalui bimbingan karir melalui pendektan modelling dan ketiga evaluasi. Pelaksanaan modelling ini dilakukan untuk memahami diri siswa dalam menggapai cita-cita dan pengembangan bakat serta minat siswa dalam menggapai cita-cita masuk keperguruan tinggi dan bekerja serta perencanaan karir siswa menunjukkan hasil yang matang dalam membuat keputusan selanjutnya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhi, Muhamad Rifa’iUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karir, Bimbingan karir melalui Pendekatan Modelling.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:43
Last Modified: 29 Aug 2024 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item View Item