Pelaksanaan Bimbingan Rohani Islam Dalam Mengatasi Ketidakharmonisan Keluarga (Studi Kasus Pada Acara Siraman Qolbu Oleh Ustadz Danu Di Mnctv Dan Konten Youtube Pribadi Ustadz Danu)

Nisywa, Hilda Zahrotun (2022) Pelaksanaan Bimbingan Rohani Islam Dalam Mengatasi Ketidakharmonisan Keluarga (Studi Kasus Pada Acara Siraman Qolbu Oleh Ustadz Danu Di Mnctv Dan Konten Youtube Pribadi Ustadz Danu). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2041115080_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2041115080_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2041115080_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ketidakharmonisan keluarga yaitu dimana kondisi keluarga tidak bisa menjalankan tugas, peran dan fungsinya sebagai keluarga, sehingga anggota keluarga gagal dalam menjalankan kewajiban dan peran mereka masing-masing sebagaimana mestinya. Banyak faktor yang menyebabkan ketidakharmonisan keluarga, antara lain faktor ekonomi, kurangnya kesetiaan pasangan, memiliki hubungan ekstramental pada pasangan, serta komunikasi. Bimbingan rohani Islam sangat dibutuhkan bagi keluarga yang sedang mengalami ketidakharmonisan keluarga. Ustadz Danu merupakan seseorang yang mempunyai peran sebagai pembimbing rohani Islam baik dalam acara Siraman Qalbu yang tayang di MNCTV maupun di konten youtube pribadi miliknya. Dari pokok uraian tersebut penulis mengambil rumusan masalah, yaitu bagaimana ketidakharmonisan keluarga dan bagaimana pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam mengatasi ketidakharmonisan keluarga pada acara Siraman Qolbu oleh Ustadz Danu dan konten youtube pribadi milik Ustadz Danu. Jenis kajian dalam penelitian ini yaitu kepustakaan (Library Research), dan metode pendekatan yang penulis gunakan adalah hermeneutik (penafsiran), sumber data yang digunakan ada dua, yaitu sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan kepustakaan yang berarti dibuat dengan cara mengkaji berbagai referensi yang ada hubunganya dengan yang akan dibahas peneliti, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) yang bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan atau makna yang terkandung dalam tayangan Siraman Qolbu yang diteliti guna mengungkapkan nilai-nilai pendidikan Islam yang ada, sedangkan teknik keabsahan datanya menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini penulis mencoba menafsirkan tentang bagaimana ketidakharmonisan keluarga dan bagaimana pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam mengatasi ketidakharmonisan keluarga pada acara Siraman Qolbu oleh Ustadz Danu dan konten youtube pribadi milik Ustadz Danu. Kesimpulan dari skripsi ini adalah penyebab ketidakharmonisan keluarga yang terjadi disebabkan oleh perilaku dirinya sendiri di masa lalu, sehingga apa yang terjadi pada sekarang merupakan buah tangan dari dirinya sendiri. dan peran beliau sebagai pembimbing rohani yaitu memberikan bantuan bimbingan rohani Islam tentang kehidupan, terutama dalam hal berumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ketidakharmonisan Keluarga, Bimbingan Rohani Islam, Siraman Qolbu.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:36
Last Modified: 29 Aug 2024 06:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10614

Actions (login required)

View Item View Item