Pengaruh pembelajaran BTQ terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam (studi di kelas VII A SMP N 3 Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2015/2016)

Kurniasari, Reira (2015) Pengaruh pembelajaran BTQ terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam (studi di kelas VII A SMP N 3 Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2015/2016). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111049 REIRA KURNIASARI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2021111049 REIRA KURNIASARI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah usaha yang sistematis dan pragmatis yang berupa bimbingan jasmani dan rohani demi terwujudnya pribadi yang utama yang mempunyai pandangan hidup demi keselamatan dunia dan kesejahteraan akhirat berdasarkan ajaran dan syari'at Islam. Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia sebagai bekal hidup didunia. Al-Qur'an merupakan kitab yang harus dipelajari bagi setiap umat muslim didunia khususnya para kalangan muda. Pemuda sebagai penerus generasi berikutnya bertanggung jawab penuh dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai moral bangsa, khususnya bangsa Indonesia. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan 3 permasalahan antara lain: Bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an yang dilaksanakan di SMP N 3 Ulujami, bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Ulujami dan bagaimana pengaruh pembelajaran Baca Tulis AI-Qur'an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Ulujami. Tujuan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an, untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan agama Islam di SMP N 3 Ulujami dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Ulujami. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangan yang berupa bahan sumbangan dalam usaha meningkatkan kegiatan belajar mengajar dan untuk tambahan bahan pustaka. Adapun metode penelitian ini memerlukan beberapa hal yaitu desain penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel dalam skripsi ini ada 2 yaitu pembelajaran baca tulis Al-Qur'an dan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini juga memerlukan populasi penelitian dengan sampel penelitian sebagian siswa SMP N 3 Ulujami yang berjumlah 40 siswa, tepatnya yaitu kelas VIIA. Kemudian sumber data yang terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Di samping itu penulis juga menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Kemudian mengolah data yang telah di dapat dengan menggunakan rumus product moment dan regresi linier sehingga dapat diketahui hasil yang akurat dari penelitian ini. Dari hasil penelitian secara analisis bahwa pembelajaran baca tulis Al-Qur'an di SMP N 3 Ulujami tahun pelajaran 2015-2016 memiliki basil yang baik. Hal ini dibuktikan dengan presentasi basil angket siswa jumlah nilai basil belajar pembelajaran BTQ rata-rata mencapai angka 80 termasuk dalam kategori "Baik". Sedangkan untuk prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIIA SMP N 3 Ulujami dikategorikan baik, karena jumlah rata-rata nilai adalah 80 dan jika dalam raport termasuk dalam kategori "Baik". Dari penghitungan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan hipotesis yang diajukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X (pembelajaran BTQ) dengan variabel Y (has ii belajar PAI). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, BTQ, PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1.121 Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 17 Sep 2024 09:39
Last Modified: 17 Sep 2024 09:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item