Anisa, Salma (2024) Peran Pola Asuh Orang Tua Berbasis Ideologi Pendidikan Dalam Membangun Sikap Keberagamaan Anak Di Desa Wonokromo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
50222006_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (743kB) |
|
Text
50222006_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sikap keberagamaan anak salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan belajar mereka. Diantara lingkungan belajar anak yang paling dekat adalah keluarga. Oleh karena itu, lingkungan keluarga berperan penting terhadap pembentukan sikap keberagamaan anak. Berbicara terkait lingkungan keluarga, maka didalamnya terdapat peran pola asuh orang tua terhadap anaknya. Pola asuh memiliki peran dalam menumbuhkan sikap dan karakter anak termasuk sikap keberagamaan mereka. Jika dilihat lebih jauh, pola asuh orang tua bermuara pada ideologi pendidikan yang dipegang teguh oleh masing-masing keluarga. Terdapat komunitas masyarakat dengan beragam latar belakang sosial, ekonomi, budaya, dan keagamaan yang didalamnya terkandung pola asuh berbasis ideologi pendidikan dipegang oleh masing-masing keluarga di Desa Wonokromo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ragam pola asuh orang tua berbasis ideologi pendidikan, tipologi sikap keberagamaan anak, dan peran pola asuh orang tua berbasis ideologi pendidikan dalam membangun sikap keberagamaan anak di Desa Wonokromo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini termasuk kedalam pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini meliputi beberapa keluarga termasuk orang tua dan anak di Desa Wonokromo serta perangkat desa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Miles Huberman dan Saldana yang melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data tersebut diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat empat ragam pola asuh orang tua berbasis ideologi pendidikan di Desa Wonokromo yaitu pola asuh permisif dengan ideologi liberal, pola asuh otoritatif dengan ideologi intelektualisme-religius, pola asuh otoriter dengan ideologi konservatisme, dan pola asuh acuh tak acuh dengan ideologi liberalisme. 2) Selanjutnya terdapat dua jenis sikap keberagamaan yang ditemukan pada anak di Desa Wonokromo yaitu sikap inklusif dan eksklusif. 3) Pola asuh orang tua yang otoritatif memberikan peran aktif dalam menumbuhkan sikap keberagaman inklusif pada anak Pola asuh orang tua otoriter berperan dalam menumbuhkan sikap keberagamaan anak dengan penanaman nilai-nilai islam dan toleransi yang dilakukan dengan pemberian pengertian yang tegas disertai dengan adanya kontrol yang kuat dari orang tua. Sedangkan pola asuh permisif dan acuh tak acuh kurang menunjukkan adanya peran yang aktif dalam membentuk sikap keberagamaan anak.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Parenting Style, Educational Ideology, Religious Attitudes | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:31 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10643 |
Actions (login required)
View Item |