Problematika penguasaan dan penggunaan kosakata dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah Suradadi Kabupaten Tegal

Nadia, Nevita Zilfi (2024) Problematika penguasaan dan penggunaan kosakata dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah Suradadi Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220061_FULL TEXT..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2220061_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat. Dalam prakteknya, mengajar bukanlah hal yang mudah. Guru mengahadapi berbagai macam karakter anak didik, khusunya dalam pembelajaran kosakata (mufradat) bahasa Arab. Begitu juga yang terdapat di MTs Al Fatah Suradadi Tegal, siswa menganggap pembelajaran bahasa Arab sangatlah sulit. Sebagian dari mereka kesulitan dalam menguasai kosakata yang menjadi salah satu kunci dalam memahami materi bahasa Arab. Dengan adanya pembelajaran kosakata bahasa Arab diharapkan dapat lebih mempermudah siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara bahasa Arab Rumusan masalah yang muncul bedasarkan latar belakang masalah diatas adalah Bagaimana Problematika penguasaan dan penggunaan kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IX Di Mts Al – Fatah Suradadi Kabupaten Tegal?, Apa tindakan guru saat mengatasi problematika penguasaan dan penggunaan kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IX Di Mts Al – Fatah Suradadi Kabupaten Tegal? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif yaitu suatu metode penelitian dengan cara menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada sekarang. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat beberapa problematika penguasaan dan penggunaan kosakata dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas IX MTs Al Fatah Suradadi seperti: problematika melafalkan dan menghafal kosa kata bahasa Arab, kesulitan menerjemahkan kosa kata yang diminta guru, belum lancar membaca kosa kata bahasa Arab, problematika kurang mengetahui tarkib bahasa Arab saat diminta membuat satu kalimat Arab, problematika kurang memahami materi qawaid nahwu. Adapun tindakan guru dalam mengatasi problematika tersebut yaitu menerapkan bermacam-macam model pembelajaran bahasa Arab, mengadakan remidial atau evaluasi, dan mengikuti pelatihan MGMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Penguasaan, Kosakata, Bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Sep 2024 05:52
Last Modified: 08 Oct 2024 07:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10650

Actions (login required)

View Item View Item