.Implementasi Kurikulum 2013 PAUD Pada Pembelajaran Sentra Ibadahdi TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan

Munawaroh, Munawaroh (2017) .Implementasi Kurikulum 2013 PAUD Pada Pembelajaran Sentra Ibadahdi TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Kurikulum 2013 PAUD sudah lama disosialisakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk diterapkan pada lembaga PAUD. Namun pada kenyataannya masih banyak lembaga PAUD belum menerapkan Kurikulum 2013 PAUD.TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan telah menerapkan Kurikulum 2013 PAUD lebih awal dibanding lembaga PAUD di Kota Pekalongan. Selain menggunakan Kurikulum 2013 PAUD, TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari juga menggunakan model pembelajaran sentra dengan menggunakan pendekatan saintifik. Fokus sentra pada penelitian ini adalah sentra ibadah agar lebih mudah dalam proses penelitian. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 PAUD pada pembelajaran sentra ibadah di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum 2013 PAUD pada pembelajaran sentra ibadah di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan?Tujuan dari penelitian ini adalahUntuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 PAUD pada pembelajaran sentra ibadah di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan dan Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Kurikulum 2013 PAUD pada pembelajaran sentra ibadah di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah:Penerapan Kurikulum 2013 PAUD pada pembelajaran sentra ibadah di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan terdiri dari : Perangkat pembelajaran dibuat berdasarkan KI, KD, yang telah disesuaikan dengan indikator pada Permendikbud No 137 Tahun 2014 yang berupa Prota, Promes, RPPM dan RPPH.menggunakan model sentra dengan pendekatan saintifik. Proses pembelajaran pada sentra ibadah menerapkan empat pijakan main yaitu pijakan lingkungan main, pijakan awal main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Media pembelajaran menggunakan Alat Peraga Edukatif yang sudah tersedia atau dari berbagai sumber seperti buku, internet atau yang lainnya. Sistem evaluasi yang digunakan dengan menggunakan ceklis, catatan anekdot, dan hasil karya. Faktor pendukung Implementasi Kurikulum 2013 PAUD pada pembelajaran sentra ibadah di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan :Peran wali murid, Ketentuan pemerintah, Peran dan dukungan kepala sekolah, Guru sentra ibadah memiliki kompetensi yang unggul, dukungan dari pengurus Yayasan,. Faktor penghambat : Instrumen penilaian yang rumit, kondisi peserta didik, kendala tempat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013 PAUD, Sentra Ibadah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:13
Last Modified: 10 Nov 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item