Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar PAIBP Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Warungasem Batang

Ikhlasul, Amal (2024) Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar PAIBP Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120259_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120259_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2120259_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab yang menjadi landasan utama umat Islam. Oleh sebab itu, setiap umat Islam harus memiliki kemampuan baca Al-Qur’an yang meliputi: kelancaran, kesesuaian makhraj, dan kesesuaian tajwid. Namun, pada kenyataannya tidak semua umat Islam memiliki kemampuan baca Qur’an dengan baik dan benar. Dalam hal ini, sekolah berperan penting dalam mengajarkan cara mempelajari Al-Qur’an. Al-Qur’an menjadi sumber utama pada mata pelajaran PAIBP, sehingga kemampuan membaca Al-Qur’an akan mempengaruhi hasil belajar PAIBP.Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah kemampuan membaca Al�Qur’an berpengaruh terhadap hasil belajar PAIBP peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan baca Qur’an berpengaruh terhadap hasil belajar PAIBP peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang.Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kausalitas bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh antara kemampuan membaca Al-Qur’an (X) terhadap hasil belajar PAIBP(Y). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya maka digunakan teknik analisis regresi.Hasil dari apa yang telah diteliti yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an berpengaruh terhadap hasil belajar PAIBP peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (6,079) > nilai ttabel (1,987), dengan nilai signifikasinya yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca Al-Qur’an, Hasil belajar PAIBP, Pengaruh
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:20
Last Modified: 23 Oct 2024 06:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item