Efektivitas Pembelajaran Metode Bercerita Menggunakan Media Bergambar Terhadap Pemahaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU Sragi

Afiyanti, Ananda Putri (2024) Efektivitas Pembelajaran Metode Bercerita Menggunakan Media Bergambar Terhadap Pemahaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2419075_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
2419075_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan pemahaman nilai agama dan moral pada anak usia dini urgensinya adalah sebagai salah satu upaya untuk membentuk karakter penerus bangsa yang lebih berkualitas. Oleh karena itu, agar kemampuan pemahaman nilai agama dan moral anak dapat terstimulus dengan baik maka dibutuhkan metode dan media pembelajaran yang tepat sesuai kebutuhan dan minat. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman nilai agama dan moral adalah metode bercerita menggunakan media bergambar. Melalui metode bercerita menggunakan media bergambar dapat melatih pemahaman anak tentang nilai agama dan moral serta membangun kemampuan daya ingat dan kemampuan menyimak anak. Selain itu dengan metode bercerita menggunakan media bergambar anak bebas berkreasi sesuai kreativitas dan imajinasi mereka sendiri. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memaparkan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana perbedaan antara pemahaman nilai agama dan moral siswa sebelum dan setelah penerapan metode bercerita menggunakan media bergambar di Tk Muslimat Nu Sragi? 2) Apakah terdapat efektivitas pembelajaran metode bercerita menggunakan media bergambar terhadap pemahaman nilai agama dan moral pada anak usia dini di Tk Muslimat Nu Sragi? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan antara pemahaman nilai agama dan moral siswa sebelum dan setelah penerapan metode bercerita menggunakan media bergambar di Tk Muslimat Nu Sragi 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya efektivitas pembelajaran metode bercerita menggunakan media bergambar terhadap pemahaman nilai agama dan moral pada anak usia dini di Tk Muslimat Nu Sragi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain one grub pretest-posttest desaign. Populasi dari penelitian ini yaitu 30 siswa kelas B di TK Muslimat Nu Sragi. Sampel penelitian ini yaitu semua siswa kelas B 30 siswa. Teknis analisis data menggunakan persentase skor dan Uji T. Pemahaman nilai agama dan moral siswa kelas B di TK Muslimat Nu Sragi yang sebelum dan sesudah menerapkan metode bercerita menggunakan media bergambar dilihat dari 6 aspek indikator pemahaman nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun diketahui meningkat yang sebelumnya dalam kategori mulai berkembang meningkat menjadi dalam kategori berkembang sangat baik. Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman nilai agama dan moral pada anak usia dini kelas B TK Muslimat Nu Sragi sebelum dan sesudah menerapkan pemahaman nilai agama dan moral. Hal ini diperoleh dari hasil pengujian uji T paired t test diperoleh sig. (-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sampel t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Diihat dari nilai pretest yang memperoleh skor 294 dengan nilai rata-rata 9,8 dan nilai skor posttest 657 dengan rata-rata 21,9.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusanto, Nanang HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Media Bergambar, Nilai Agama dan Moral
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:08
Last Modified: 20 Dec 2024 07:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item