Strategi Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siwa Kelas VII di SMP NU Karangdadap.

Khasanah, Fadlilatul (2024) Strategi Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siwa Kelas VII di SMP NU Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520001_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (548kB)
[img] Text
3520001_Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf

Download (812kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Fadlilatul. 2024. Strategi Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siwa Kelas VII di SMP NU Karangdadap. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Ani, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi, Bimbingan Islami, Penyesuaian Diri. Penyesuaian diri merupakan kemampuan siswa untuk menyesuaikan keadaan diri dengan lingkungan sehingga siswa dapat diterima baik oleh lingkungan. Siswa kelas VII diharapkan mampu menyesuaiakan diri agar dapat belajar dengan nyaman, bersosialisasi dengan baik sebagai penunjang untuk mengembangkan potensi diri. Fenomena dilapangan menunjukkan masih terdapat siswa yang kemampuan penyesuaian dirinya belum berkembang. Siswa kelas VII mengalami masa transisi belajar dari sekolah dasar, sehingga tejadi perbedaan mulai dari sistem belajar, teman, dan guru. Selain itu kondisi siswa kelas VII terdiri dari dua jenis siswa, yaitu siswa regular (siswa yang hanya sekolah) dan siswa non regular (siswa yang mondok dan sekolah) sehingga pengalaman penyesuaian diri di sekolah tersebut menjadi lebih kompleks. Untuk itu diperlukan strategi bimbingan islami untuk membanu mengembangkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP NU Karangdadap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP NU Karangdadap sebelum dan sesudah dierikan layanan strategi bimbingan islami, serta untuk mengetahui bagaimana strategi bimbingan islami dalam mengembangkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP NU karangdadap. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi bimbingan islami dapat membantu mengembangkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP NU Karangdadap. Hal tersebut terlihat pada siswa yang bisa membuka diri dan bersosialisasi dengan teman dan guru. Siswa juga belajar dengan nyaman, hal tersebut ditandai dengan siswa yang awalnya memiliki emosi tidak stabil ditandai dengan sikap uring-uringan, menangis, murung, sulit berinteraksi dengan teman sebaya dan merasa tidak percaya diri, merasa cemas dengan lingkungan baru, merasa stress belajar atau sulit mengatur waktu, sulit menyesuaikan budaya dan peraturan pondok, dan merasa lesu dan bersemangat, berkembang kearah yang lebih baik seperti emosi mulai stabil, mudah berinteraksi dengan teman sebaya dan merasa percaya diri, tidak merasa cemas dengan lingkungan baru, berkurangnya stress belajar atau mulai bisa mengatur waktu, mudah menyesuaikan budaya dan peraturan pondok, dan bersemangat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAni, AniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bimbingan Islami, Penyesuaian Diri.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:31
Last Modified: 01 Nov 2024 02:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10936

Actions (login required)

View Item View Item