Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kincir Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Fikri Kelurahan Medono Kota Pekalongan

Rosada, Cholisa (2024) Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kincir Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Fikri Kelurahan Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420090_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2420090_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2420090_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan bahasa dan kognitif sangat erat hubungannya dengan keaksaraan awal anak. Keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun meliputi mengenal lambang angka dan huruf. Dalam alat permainan edukatif kincir pintar ini, dapat digunakan anak sebagai proses pengenalan angka dan huruf pada anak usia 4-5 tahun. Sebagai guru sudah sepatutnya memikirkan cara yang tepat untuk mengenalkan huruf dan angka kepada anak sebagai bentuk kesiapannya belajar membaca dan berhitung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain atau rancangan pengembangan alat permainan edukatif kincir pintar untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fikri Kelurahan Medono, Kota Pekalongan?. (2) Bagaimana kelayakan alat permainan edukatif kincir pintar untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fikri Kelurahan Medono, Kota Pekalongan?. (3) Bagaimana penggunaan alat permainan edukatif kincir pintar untuk menigkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fikri Kelurahan Medono, Kota Pekalongan?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan RND (Research and Development) dari model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation) dengan subjek penelitian anak usia 4-5 tahun di TK AlFikri. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan pengisian angket. Teknik analisis data yang dilakukan berupa data pengembangan produk serta analisis kelayakan produk yang dihasilkan. Hasil pengembangan dan kelayakan alat permainan edukatif kincir pintar untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fikri Kelurahan Medono Kota Pekalongan memperoleh hasil “Sangat Layak” dengan skor 95% untuk uji validasi media dan skor 100% untuk uji validasi materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kincir Pintar, Keaksaraan Awal Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:16
Last Modified: 04 Nov 2024 03:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10956

Actions (login required)

View Item View Item