Implementasi Media Magic Box Untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dan Warna Anak Usia 4-6 Tahun Tk As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan

Riskiyanti, Riski (2024) Implementasi Media Magic Box Untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dan Warna Anak Usia 4-6 Tahun Tk As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420044_Bab I dan Bab V.pdf

Download (906kB)
[img] Text
2420044_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2420044_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Riskiyanti.2420044 2024. Implementasi Media Magic Box untuk menstimulasi Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri dan Warna Anak Usia 4-6 Tahun di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan. skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan anak usia dini ialah jenjang pendidikan dasar pada masa ini yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir sampai usia empat tahun, pendidikan ditutut harus mengembangkan aspek perkembangan anak salah satunya yaitu kognitif anak mengenal bentuk geometri dan warna di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan ini beberapa anak yang kurang perkembangan kognitif dalam melakukan kegiatan belajar bentuk geometri dan warna. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mendeskripsikan implementasi media magic box untuk menstimulasi kemampuan mengenal bentuk geometri dan warna anak usia 4-6 tahun di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan. 2) Untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan penghambat media magic box untuk menstimulasi kemampuan mengenal bentuk geometri dan warna anak usia 4-6 tahun di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu berupa penelitian lapangan ( field reseach ) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media magic box untuk menstimulasi kemampuan mengenal bentuk geometri dan warna anak usia 4-6 tahun di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan mengalami peningkatkan dan berkembang sangat baik. Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri dan warna menggunakan media magic box indikator yaitu, anak dapat melalui kegiatan bermain dan belajar bentuk geometri dan warna di dalam media magic box, anak mampu menyebutkan bentuk geometri dan warna, anak mampu menjawab pertanyaan dari guru, anak berani maju kedepan. Proses pembelajaran juga dilakukan dengan cara yang menyenangkan serta disesuaikan dengan kemampuan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, S.Psi., M.A., Dr. Hj. Siti Mumun198207012005012003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Magic Box, Kemampuan Mengenal Bentuk-bentuk Geometri dan Warna
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Nov 2024 02:10
Last Modified: 04 Nov 2024 02:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10964

Actions (login required)

View Item View Item