Marzuki, Rezha (2024) Korelasi Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Mts N 2 Purbalingga. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220115_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220115_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2220115_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Beragam kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII menunjukkan bahwa sebagian besar, terutama yang berasal dari pendidikan pesantren, sudah memiliki dasar yang baik. Namun, ada juga siswa yang belum pernah belajar bahasa Arab, sehingga mereka memerlukan waktu untuk beradaptasi. Motivasi siswa bervariasi; beberapa menunjukkan antusiasme tinggi, sementara yang lain merasa kesulitan dan menganggap bahasa ini rumit. Di MTs N 2 Purbalingga, guru mencoba memaksimalkan pembelajaran melalui metode yang menarik, seperti drill dan latihan soal. Meskipun demikian, masih ada siswa yang kesulitan dengan struktur dan kosa kata bahasa Arab, yang mempengaruhi minat dan hasil belajar mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas VII MTs N 2 Purbalingga; (2) Untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs N 2 Purbalingga(3) Untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs N 2 Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif korelatif yang mengeksplorasi relasi di antara dua variabel yang diobservasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis datanya yaitu uji Korelasi Product Moment, uji ini digunakan untuk mengetahui hubungan diantara satu variabel independen dengan satu variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Bahwa tingkat minat belajar yang diperoleh dari data korelasi Pearson, diperoleh nilai 0,449 dimana pada tingkat nilai 0,449 masuk pada kategori derajat minat yang sedang dan positif. Hal ini menunjukkan adanya korelasi positif yang signifian antara minat belajar dengan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs N 2 Purbalingga. (2) Hasil belajar siswa pada data yang diperoleh juga menunjukkan nilai 0,449 dimana sifat hubungannya juga positif sehingga, dapat disimpulkan apabila variabel minat belajar tinggi maka hasil belajar juga akan tinggi. Lalu diperoleh juga rata – rata belajar soswa 67,55 menunjukkan bahwa kelas memiliki kinerja yang dapat diterima. (3) Terdapat korelasi anatara minat belajar dengan hasil belajar bahasa Arab. Hal ini terlihat dari perhitungan uji korelasi menggunakan SPSS versi 16.0 yang menunjukkan nilai signifikansi (sig 2 – tailed) sebesar 0,008 yang berarti 0,008 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs N2 Purbalingga
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Korelasi minat belajar, Hasil belajar bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:01 | ||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10985 |
Actions (login required)
View Item |