Pengaruh Pemberian Reward terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Hilal Kabupaten Cirebon

Rodiyah, Diyah (2024) Pengaruh Pemberian Reward terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Hilal Kabupaten Cirebon. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120135_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (717kB)
[img] Text
2120135_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2120135_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan siswa, yang mempengaruhi keberhasilan mereka dalam proses pembelajaran. Pada masa, jenjang sekolah menengah pertama ini banyak siswa yang memiliki penurunan dalam kepercayaan diri terutama dalam mata pelajaran yang menuntut pemahaman dan penerapan nilai moral seperti aqidah akhlak, banyak siswa yang kurang paham di pembelajaran akidah akhlak khususnya pada kelas VII yang dimana siswa masih kurang mempunyai rasa percaya diri, akibatnya kelas menjadi pasif dan bosan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dalam penelitian ini peneliti mencari bagaimana pengaruh pemberian reward terhadap rasa percaya diri siswa kelas VII MTs Al-Hilal Kabupaten Cirebon. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Hilal. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen jenis Posttest Only Nonequivalent Design. Adapun populasi penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 149 Siswa. Kemudian sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Hilal yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas VII A Berjumlah 35 siswa kelompok eksperimen yang diberikan reward dan kelas VII D berjumlah 34 siswa kelompok kontrol yang tidak diberikan reward dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenis purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Pengolahan hasil analisis data ini menggunakan analisis uji hipotesis yakni uji T dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan Hasil penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 27 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pemberian reward terhadap kepercayaan diri siswa. Yang ditunjukkan oleh nilai hasil uji t dengan taraf sisnifikan 0,05 maka diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 3, 398 > 2,034. Dan nilai uji regresi linear sederhana dengan koefisien determinasi (R square) sebanyak 0, 167. Dari hasil tersebut bahwa pengaruh variabel bebas (metode reward) terhadap Variabel terikat (kepercayaan diri) adalah sebanyak 16,7%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode reward terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Hilal Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode reward, Percaya diri, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:16
Last Modified: 06 Nov 2024 03:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item View Item