Mukti, Wahyu Krisna (2024) Pengembangan media permainan monopoli pada pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas VII di MTs Maulana Maghribi Ujungnegoro Kandeman Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220100_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (516kB) |
|
Text
2220100_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
21 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
Abstract
Pembelajaran kosakata bahasa arab akan lebih mudah dikuasai oleh peserta didik jika pendidik menerapkan metode dan media yang tepat. Namun, terdapat beberapa problematika dalam pembelajaran bahasa arab diantaranya, pendidik menggunakan metode konvensional dan tidak menggunakan media yang menarik, sehingga penyampaian materi yang monoton menjadikan peserta didik merasa bosan. Kendala sarana teknologi penunjang yang kurang memadai, keberagaman tingkat pemahaman bahasa arab siswa, serta kurangnya daya tarik siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab, tentu hal tersebut menjadi fokus permasalahan yang perlu diperhatikan. Monopoli merupakan permainan lama yang digemari banyak orang. Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan. Permainan monopoli memiliki potensi yang baik untuk kemudian dijadikan media pembelajaran. Secara tidak langsung, media ini memiliki fungsi agar siswa bisa lebih responsif terhadap materi yang diajarkan melalui daya tarik permainan yang disajikan. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah : 1. Bagaimana pengembangan media permainan monopoli dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VII MTs Maulana Maghribi Ujungnegoro Kandeman Batang ? 2. Bagaimana kelayakan media permainan monopoli dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VII MTs Maulana Maghribi Ujungnegoro Kandeman Batang ? Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan media permainan monopoli dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs Maulana Maghribi Ujungnegoro Kandeman Batang, untuk mengetahui kelayakan pengembangan media permainan monopoli monopoli dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VII MTs Maulana Maghribi Ujungnegoro Kandeman Batang. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau disebut Research and Development (R&D), yaitu penelitian pengembangan Research and Development (R&D) adalah: " yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut ". Desain pengembangan media pembelajaran flash card menggunakan model ADDIE yaitu: Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Kelayakan media pembelajaran monopoli digunakan sebagai media pembelajaran bersumber pada penilaian dari para ahli dan respon peserta didik. Presentase oleh ahli media medapatkan skor 88,5% (Sangat layak / Sangat sesuai), Presentase oleh ahli materi medapatkan skor 96% (Sangat layak / Sangat sesuai), Presentase kelayakan oleh guru bahasa Arab medapatkan skor 97,5% (Sangat layak / Sangat sesuai), Presentase kelayakan oleh peserta didik medapatkan skor 88% (Sangat layak / Sangat sesuai).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Permainan Bahasa Arab, Permainan Monopoli, Mufrodat | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 00:30 | ||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2024 04:35 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11041 |
Actions (login required)
View Item |