Ashfa, Lia Himatul (2024) Implementasi ṭarῙqah al-intiqa’iyyah pada pembelajaran mufradat bahasa arab siswa kelas VII B DI MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220102_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220102_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2220102_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab karena metode pembelajaran merupakan faktor penentu keberhasilan suatu pembelajaran. Maka dari itu perlu dilakukan inovasi terhadap metode pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode eklektik atau T{ari<qah Al- Int}iqa<iyyah. MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu madrasah yang menggunakan metode eklektik atau campuran (Ṭariqah alintiqāiyyah) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan T{ari<qah Al- Int}iqa<iyyah pada pembelajaran mufrada>t Bahasa Arab Kelas VII B di MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan Apa saja kelebihan serta kekurangan implementasi T{ari<qah Al- Int}iqa<iyyah pada pembelajaran mufrada>t bahasa Arab Kelas VII B di MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Ṭariqah al-intiqāiyyah pada pembelajaran mufrada>t Bahasa Arab Kelas VII B di MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, Penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Ṭariqah alintiqāiyyah dalam pembelajaran mufrada>t Bahasa Arab Kelas VII B di MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan dapat menjadikan peserta didik lebih percaya diri berbicara bahasa Arab di depan kelas, peserta didik mampu melafalkan dan menghafalkan kosakata tema al-bait, peserta didik mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dengan baik dan peserta didik dapat berperan aktif pada pembelajaran. Adapun kelebihan dari implementasi Ṭariqah al-intiqāiyyah dalam pembelajaran mufrada>t Bahasa Arab Kelas VII B di MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan yaitu peserta didik menjadi mudah memahami materi, Pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan serta mutu kualitas pendidik menjadi meningkat dalam mengelola kelas dan kekurangannya yaitu kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya fasilitas proyektor saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ṭariqah Al-intiqāiyyah, Pembelajaran Mufradat. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 01:35 | ||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2024 04:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11048 |
Actions (login required)
View Item |