Muna, Nailal (2024) Inovasi Penggunaan Metode Imlā’ Dalam Meningkatkan Penguasaan Mahārah Al-Kitābah Siswa Kelas 4 Sd Islam Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220147_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2220147_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2220147_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari siswa yang belum bisa menulis, karena tidak semua siswa dirumahnya mengikuti mengaji TPQ dan mendapatkan ilmu agama hanya di sekolahan saja. Karena kejadian di lapangan keterampilan menulis siswa kelas 4 masih terdapat kendala. Hal ini dibuktikan ada beberapa siswa masih belum bisa menulis huruf Arab dan belum bisa menggandeng huruf Arab, Padahal sudah dibacakan latinnya tapi ketika disuruh mengubah ke Arab itu hanya sebagian siswa yang bisa. Namun, dilihat dari segi kelebihanya siswa sudah bisa membaca bahasa Arab dengan baik. Metode imlā’ merupakan bagian dari Mahārah Al-kitābah, yaitu salah satu metode yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Arab di KELAS 4 SD Islam Kajen Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana implementasi penggunaan metode imlā’ sebelum diberikan inovasi? 2) Bagaimana inovasi penggunan metode imlā’ dalam meningkatkan penguasaan mahārah Al-kitābah siswa kelas 4 SD Islam Kajen ? Adapun tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan metode imlā’ sebelum diberikan inovasi 2) Untuk mengetahui Inovasi penggunaan metode imlā’ untuk meningkatkan penguasaan mahārah kitābah siswa kelas 4 SD Islam Kajen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu dari guru dan siswa kelas 4 SD Islam Kajen Kabupaten Pekalongan. Adapun instrument penelitian yang digunakan berupa obsevasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu setelah data terkumpul diolah, dianalisis kemudian disimpulkan dalam bentuk uraian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Inovasi Penggunaan Metode Imlā’ dalam meningkatkan penguasaan Mahārah Al-kitābah siswa kelas 4 SD Islam Kajen ini sudah baik, terbukti dengan adanya respon baik dari siswa ketika inovasi metode imlā’ disampaikan dan juga hasil evaluasi terlihat baik, hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Metode Imlā’, Mahārah Al-kitābah | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:39 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 03:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11103 |
Actions (login required)
View Item |