Kamilah, Nur (2024) Efektivitas permainan tebak gambar dalam meningkatkan pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas VII SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220152_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220152_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2220152_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah terkait dengan kemampuan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Guru belum menggunkan metode pembelajaran kosakata bahasa Arab yang bervariasi sehingga penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa masih tergolong kurang. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk melakukan sebuah penelitian pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan permainan tebak gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagimana efektivitas permainan tebak gambar dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII di SMP Salafiyah Pekalongan, serta apakah terdapat perbedaan penguasaan kosakata anatar yang menggunakan permainan tebak gambar dan yang tidak menggunakan permainan tebak gambar pada siswa kelas VII SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalh untuk mengetahui efektivitas permainan tebak gambar dalam meningkatkan pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Salafiyah Kota Pekalongan dan mengetahui apakah ada perbedaan anatar pembelajaran yang sudah menggunakan permainan tebak gambar dan yang berlum menggunaka permainan tebak gambar pada siswa kelas VII SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Penelitian yang dilakukan di SMP Salafiyah Pekalongan dengan mengunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental menggunakan one group pretest-posttest dengan teknik random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kekampuan kosakata anak, observasi yang dilakukan di SMP Salafiyah Pekalongan, tes dan yang terakhir dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan dari data hasil penelitian Efektivitas Permainan Tebak Gambar dalam meningkatkan pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Salafiyah Pekalongan, dapat disimpulkan bahwa dengan permainan tebak gambar efektif dalam meningkatkan pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Salafiyah Pekalongan. Diketahui dari uji hipotesis kelas sesudah dan sebelum dengan Sig.(2-tailed) dari perhitungan uji independent Sample T-test sebesar 0,00< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang sudah menggunakan permaian dan sebelum mengunakan permainan tebak gambar. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahawa permainan tebak gambar efektif terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Salafiyah Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kosakata, Permainan Tebak | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 08:49 | ||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11107 |
Actions (login required)
View Item |