Rizkiana, Yunestria (2024) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Landungsari 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2321092_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2321092_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2321092_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Beberapa kesulitan yang dihadapi guru dalam menyampaikan materi terutama pada pelajaran IPA adalah konsep ilmiah yang rumit, perbedaan pemahaman siswa, dan waktu pembelajaran yang terbatas. Sehingga hal teresebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Teknologi seperti media pembelajaran berbasis google sites, dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa media teknologi dapat membantu siswa lebih memahami konsep abstrak dan meningkatkan hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh kemampuan teknologi untuk menyajikan materi secara visual dan interaktif, yang memudahkan siswa memahami konsep yang sulit. SDN Landungsari 01 Kota Pekalongan menghadapi permasalahan yang sama, sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji dengan runusan masalahnya adalah Bagaimana pengembangan dan efektivitas media pembelajaran IPA berbasis Google Sites untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Landungsari 01 Kota Pekalongan. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas media pembelajaran IPA berbasis Google Sites dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Landungsari 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD) yang dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan oleh Brach yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Metode pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kebutuhan, analisis data angket validitas produk, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan hasil penilaian yang sangat baik digunakan, dengan skor dari ahli media 87,5% dan ahli materi 86,67%, serta sangat layak digunakan, dengan skor uji skala kecil 83,33% dari guru dan 88,54% dari siswa, uji skala besar 90,59%, dan 2) Hasil Paired Samples Test menunjukkan t-hitung 18,829 dan signifikansi 0,000, yang melebihi t-tabel (2,056), serta N-Gain skor 0,57 dan persentase N-Gain 57,20%, yang menunjukkan efektivitas media dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Google Sites, IPA, Prestasi Belajar. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 00:55 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 00:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11122 |
Actions (login required)
View Item |