Fitri, Indana Luziyatul (2024) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Menghafal Surat Al Waqi’ah di Pondok Pesantren Darul Faroh Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120223_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (965kB) |
|
Text
2120223_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2120223_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini adalah penelitian ini berfokus pada pentingnya interaksi teman sebaya dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren Darul Faroh, Kabupaten Tegal, khususnya terkait kemampuan menghafal Surat Al-Waqi'ah. Teman sebaya sering kali menjadi sumber dukungan emosional, spiritual, dan akademik bagi santri, yang dapat memengaruhi efektivitas mereka dalam menghafal Al-Qur’an.Kemampuan menghafal Al-Qur’an, khususnya Surat Al-Waqi’ah, menjadi salah satu target penting dalam pembelajaran di pesantren. Dalam proses ini, kelancaran, kefasihan, serta penerapan tajwid yang tepat merupakan indikator keberhasilan santri. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kemampuan menghafal Surat Al-Waqi'ah, dengan harapan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika sosial di pesantren dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik, khususnya dalam hafalan Al-Qur’an. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk interaksi teman bagi santri di Pondok Pesantren Darul Faroh, bagaimana kemampuan menghafal surat Al Waqi’ah bagi santri, dan adakah pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kemampuan menghafal surat Al Waqi’ah bagi santri di Pondok Pesantren Darul Faroh. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui bentuk interaksi teman sebaya bagi santri di Pondok Pesantren Darul Faroh, untuk mengetahui kemampuan menghafal surat Al Waqi’ah di Pondok Pesantren Darul Faroh dan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kemampuan menghafal surat Al Waqi’ah bagi santri di Pondok Pesantren Darul Faroh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode Total Sampling yaitu semua populasi dijadikan sampel. Sampel berjumlah 68 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap kemampuan menghafal surat Al Waqi’ah pada santri Pondok Pesantren Darul Faroh kabupaten Tegal. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05. Sedangkan berdasarkan nilai t hitung diperoleh sebesar 13,615 dengan t tabel sebesar 1,997. Maka t hitung (13,615) > t tabel (1,997). Kemudian, berdasarkan R square menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya berpengaruh sebesar 73,7% sedangkan sisanya 26,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Teman Sebaya, Kemampuan Menghafal | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:32 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 03:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11145 |
Actions (login required)
View Item |