Efektivitas Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X Di SMA NU Suradadi Tegal

Elhaq, Firda Rahmah (2024) Efektivitas Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X Di SMA NU Suradadi Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120231_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (405kB)
[img] Text
2120231_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan oleh beberapa permasalahan, diantaranya kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran PAI, siswa kurang memperhatikan pengajaran guru, mata pelajaran PAI dianggap sebelah mata oleh siswa dan cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode jigsaw dalam pembelajaran PAI kelas X di SMA NU Suradadi, serta bagaimana hasil penggunaan metode jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas X di SMA NU Suradadi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment design dengan model non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas metode jigsaw dengan kelas metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan t-test diperoleh thitung 9,202 dan berdasarkan tabel distribusi t pada signifikansi 0,000 (p < 0.05). Hasil ini mengindikasikan bahwa metode jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas X di SMA NU Suradadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiyadi, RidhoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Quasi Exsperiment Design, Hasil Belajar, PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Nov 2024 07:40
Last Modified: 07 Nov 2024 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item