Implementasi Metode Asy-syifa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ MNU Darul Ulum Kesemen Desa Warureja Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.

Maulida,, Ni’matul Izzah (2024) Implementasi Metode Asy-syifa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ MNU Darul Ulum Kesemen Desa Warureja Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120170_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (567kB)
[img] Text
2120170_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Metode Asy-syifa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ MNU Darul Ulum Kesemen Desa Warureja Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan bagaimana cara belajar Al-Qur’an menggunakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwidnya. Namun kebanyakan anak masih belum memahami bagaimana prakteknya dalam membaca Al-Qur’an menggunakan ilmu tajwid dengan baik dan benar. Berdasarkan latar belakang tersebut mempunyai tujuan yakni untuk mengimplmentasikan metode Asy-syifa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan mengetahui bagaimana hasilnya dari implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reserach). Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun keabsahan datanya terdiri dari triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan membercheck serta analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data yang diperoleh dari hasil wawancara kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Asy-syifa di TPQ MNU Darul Ulum Kesemen yaitu diawali dengan strategi dalam pembelajaran yaitu mempunyai tiga strategi pembelajaran yakni strategi sorogan/individual, strategi klasikal dengan individual dan strategi klasikal simak baca. Proses pembelajarannya meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup dan evaluasi. Faktor pendukung dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu adanya sarana prasarana yang memadai, dukungan keluarga, dan minat peserta didik, pendidik/guru. Sedangkan faktor penghambatnya yang sering dihadapi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kemampuam santri yang berbeda-beda, kedisiplinan santri, dan kemalasan peserta didik/santri. Implementasi metode Asy-syifa di TPQ MNU Darul Ulum Kesemen ini sangat efektif sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri secara signifikan, ditandai dengan santri paham hukum bacaan tajwidnya dalam membaca santri juga mengetahui nama hurufnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa’rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Asy-syifa, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Nov 2024 07:57
Last Modified: 07 Nov 2024 07:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11183

Actions (login required)

View Item View Item