Pengaruh Kegiatan Baca Tulis Al Qur’an Pagi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 12 Pekalongan

Setiawati, Sulis (2024) Pengaruh Kegiatan Baca Tulis Al Qur’an Pagi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 12 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120028_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (954kB)
[img] Text
2120028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Adanya kegiatan baca tulis al-qur’an pada setiap jenjang pendidikan yang beragama islam mulai dari sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah hingga sekolah menengah atas/madrasah aliyah/sekolah menengah kejuruan, berdasarkan pada kebijakan yang ditetapkan oleh DPRD Kota Pekalongan dan Walikota Pekalongan tentang baca tulis al qur’an (Perda, 2015:No.12). Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah melihat pengaruh kegiatan baca tulis al qur’an terhadap motivasi dan hasil belajar siswa khususnya kelas VIII pada mata Pelajaran PAI. Penelitian dituangkan dalam sebuah karya yang berjudul “Pengaruh Kegiatan Baca Tulis Al Qur’an Pagi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 12 Pekalongan”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan baca tulis al qur’an pagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan?, Bagaimana motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 12 Pekalongan?, Bagaimana pengaruh kegiatan BTQ pagi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 12 Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebar angket pada responden, dokumentasi, dan wawancara. Dalam membuktikan dan menganlisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) kegiatan BTQ di SMP Negeri 12 Pekalongan tiap kelasnya mendapatkan 1 kali dalam seminggu dengan rentang waktu 30 menit mulai dari jam 06.30 – 07.00. Setiap siswa maju satu persatu menghadap guru BTQ ada yang menggunakan jilid mulai dari jilid 2 hingga jilid 6 ada juga yang mengguankan al qur’an. 2) Dengan adanya kegiatan BTQ ini guru melihat perubahan yang ada pada diri siswa. Siswa menjadi lebih giat dan mengalami peningkatan dalam hasil belajarnya pada mata pelajaran PAI. 3) Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan kegiatan BTQ terhadap motivasi sebesar 59,6% dan kegiatan BTQ terhadap hasil belajar sebesar 52,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al Qur’an, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Nov 2024 08:38
Last Modified: 07 Nov 2024 08:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11186

Actions (login required)

View Item View Item