Alief, Vieri Daffa (2024) Implementasi Pembelajaran Tarikh Berbasis Short Movie Di Sma Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120221_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120221_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2120221_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keaktivan dan motivasi terhadap siswa pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai guru perlu mempunyai strategi agar pada saat proses belajar mengajar tidak monoton, salah satunya dengan implementasi pembelajaran tarikh berbasis short movie di SMA Muhammdiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran berbasis short movie pada mata pelajaran tarikh di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan? (2) Peluang dan Tantangan dari implementasi pembelajaran berbasis short movie pada mata pelajaran tarikh di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Guru Tarikh dan Siswa SMA Muhammdiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Hasil penelitian pada Implementasi pembelajaran Tarikh berbasis Short movie terlaksana atas tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Bentuk implementasi pembelajaran Tarikh berbasis Short movie yaitu: a) langkah persiapan guru, b) mempersiapkan kelas, c) langkah penyajian, d) aktivitas lanjutan. Peluang dan tantangan dalam implementasi pembelajaran Tarikh berbasis Short movie di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Adapun peluang dari implementasi pembelajaran tarikh berbasis short movie di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan yaitu: 1) lebih mudah dipahami, 2) Pembelajaran menjadi tidak membosankan, 3) memudahkan peserta didik belajar, sedangkan tantangannya berupa: 1) peminatan peserta didik terhadap mata pelajaran tarikh cukup rendah, 2) proses pencarian video pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Tarikh, Short movie | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:01 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11201 |
Actions (login required)
View Item |