Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisi Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mapel Fiqih Kelas VIII MTs Al Utsmani Kajen Pekalongan

Rohmah, Nur (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisi Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mapel Fiqih Kelas VIII MTs Al Utsmani Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120215_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (912kB)
[img] Text
2120215_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2120215_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Al Utsmani Kajen Pekalongan pada materi zakat mata pelajaran Fiqih. Rendahnya motivasi belajar disebabkan materi zakat dinilai siswa sebagai materi yang sulit karena banyak berkelut dengan angka dan rumus. Selain itu, penggunaan metode yang monoton dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, yang dapat menunjang proses pembelajaran. Dari kurangnya penggunaan media pembelajaran tersebut menimbulkan kejenuhan dan menurunkan antusias belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual pada mapel fiqih, mengetahui Tingkat kevalidan dan peningkatan motivasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual pada mapel fiqih, materi pembagian zakat binatang ternak kelas VIII di MTs Al Utsamani Kajen Pekalongan. Peneliti menggunakan pendekatan RnD (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terbuka, angket penilaian ahli, angket penilaian siswa dan angket motivasi sebelum dan sesudah menggunakan media serta hasil Pretest dan Posttes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan media pembelajaran berbasis audio visual pada mapel fiqih yaitu, hasil dari validasi ahli materi mendapatkan 80% dengan kategori valid, hasil uji kevalidan ahli media mendapatkan 98% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji kevalidan dari ahli pembelajaran mendapatkan 82% dengan kategori sangat valid, maka bisa disimpulkan media layak untuk digunakan. Dan Terdapat adanya peningkatan motivasi belajar sebesar 19% dari 71% (sebelum pembelajaran menggunakan media) dan meningkat menjadi 90% (sesudah pembelajaran menggunakan media). Angka tersebut jika dikonversikan dengan tabel kualifikasi tingkat motivasi belajar siswa, tingkat pencapaian 90% berada pada kualifikasi sangat tinggi. Dari hasil angket motivasi siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis audio visual pada mapel fiqih dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Motivasi Belajar, Mapel Fiqih Kelas VIII
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:23
Last Modified: 08 Nov 2024 02:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item