ARRAHMA, FANIA ALZAIRA (2024) Pengaruh brand awareness, citra merek dan pengetahuan konsumen terhadap keputusan menjadi anggota di bmt an-najah wiradesa pekalongan dengan kualitas pelayanan sebagai variabel moderating (Studi Pada BMT An-Najah Wiradesa). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4120163_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
4120163_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
4120163_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan BMT (Baitul Maal wat Tamwil) telah menjadi alternatif penting dalam sektor keuangan berbasis syariah, terutama bagi masyarakat yang ingin menjalankan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut. KSPPS BMT An-Najah Wiradesa adalah contoh nyata dari lembaga keuangan non-bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah, menyediakan layanan simpan pinjam bagi masyarakat di Kabupaten Pekalongan, Batang, dan Pemalang. Penelitian ini berjenis kausal asosiatif, bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Brand Awareness, Citra Merek, dan pengetahuan konsumen terhadap keputusan menjadi anggota di BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan, dengan kualitas pelayanan sebagai variabel moderasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data berupa angka yang dianalisis menggunakan metode statistik. Lokasi penelitian adalah di BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan, dengan populasi anggota sebanyak 352 orang. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 78 orang menggunakan rumus Slovin dan teknik simple random sampling, di mana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Awareness dan Citra Merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BMT An-Najah. Namun, Pengetahuan Konsumen tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan tersebut. Kualitas Pelayanan terbukti memoderasi hubungan antara variabel-variabel tersebut, dengan memperkuat hubungan antara Citra Merek dan keputusan menjadi anggota, serta memperkuat hubungan antara Pengetahuan Konsumen dan keputusan menjadi anggota, sedangkan Kualitas Pelayanan tidak dapat memoderasi hubungan antara Brand Awareness dan keputusan menjadi anggota. Hal ini menunjukkan pentingnya Kualitas Pelayanan dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran dan keputusan konsumen dalam memilih layanan keuangan syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Brand Awareness, Citra Merek, Pengetahuan Konsumen, Keputusan Menjadi Anggota, Kualitas Pelayanan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:42 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11288 |
Actions (login required)
View Item |