Implementasi Program Baca Tulis Al - Qur’an Di Mts Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Pemalang

Setyani, Putik Intan (2024) Implementasi Program Baca Tulis Al - Qur’an Di Mts Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120248_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120248_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120248_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana Implementasi Program Baca Tulis Al - Qur‟an di MTs Asy Syafi‟iyah Pecangakan Comal Pemalang. Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang masuk MTs Asy Syafi‟iyah belum bisa membaca Al - Qur‟an. MTs Asy Syafi‟iyah terdapat pembiasaan pagi yaitu hafalan. Sehingga sekolah membuat program Baca Tulis Al – Qur‟an untuk membantu siswa yang belum bisa membaca Al – Qur‟an. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adalah sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan program Baca Tulis Al - Qur‟an di MTs Asy Syafi‟iyah Pecangakan Comal Pemalang?, Apa faktor faktor yang mendukung dan mengehambat implementasi program Baca Tulis Al - Qur‟an di MTs Asy Syafi‟iyah Pecangakan Comal Pemalang. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan penelitian yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data data primer yaitu guru pembimbing, kepala sekolah dan siswa program BTQ selain itu masuk dalam sumber data sekunder. Hasil dari penelitian menunjukakaan bahwa perencanaan mulai dari pengelompokkan siswa dan pemilihan guru pembimbing. Pelaksanaan berjalan dengan cukup baik sesuai tujuan. Metode yang digunakan adalah metode qiroati dan media berupa buku siswa menggunakan jilid Qiroati 1-10. Adapun teknik penyampaian pembelajaran dengan konvensional. Evaluasi dengan mengetes bacaan Al - Qur‟an ketika akan naik level jilid dan mencatat mengulang atau melanjutkan ketika siswa selesai membaca dalam buku prestasi. Faktor pendukung: dukungan guru, kepala sekolah dan minat siswa, faktor penghambat: waktu yang terbatas, kemalasan siswa, kemampuan siswa yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftakhulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program, BTQ
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:06
Last Modified: 11 Nov 2024 01:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11376

Actions (login required)

View Item View Item