Nizarudin, Muhammad (2024) Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220091_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (608kB) |
|
Text
2220091_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Dalam penerapannya pada pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih variabel namun tetap fokus pada materi-materi yang mendasar, pengembangan karakter serta kompetensi pada siswa. Seperti pada ulasannya bahwa kurikulum merdeka memiliki tujuan sebagai pemulihan pada krisisnya pembelajaran yang semakin parah akibat pandemi, selain itu juga bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada lembaga maupun guru untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum serta pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problematika penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan, untuk mengetahui solusi problematika penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis menggunakan metode analisis reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang disimpulkan adalah: problematika penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa arab meliputi problematika bagi guru dan problematika bagi peserta didik. Adapun problematika bagi guru meliputi: problem pada tahap perencanaan, proses pembelajaran, serta penilaian. Sedangkan problemetika bagi peserta didik meliputi: latar belakang peserta didik, kesiapan peserta didik, serta problem pemahaman siswa. Adapun solusi dalam mengatasi problematika penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab meliputi: memahami konsep merdeka belajar dan mempersiapkan perencanaan pembelajaran,meningkatkan kreativitas dan inovasi, menyederhanakan materi dan pembiasaan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, mata pelajaran bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:46 | ||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2024 08:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11427 |
Actions (login required)
View Item |