Purnomo, Agung (2024) Implementasi Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ii Di Mi Assyafi’iyah Gringgingsari 02 Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320098_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (993kB) |
|
Text
2320098_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2320098_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas II MI Assyafi’iyah Gringgingsari 02 dalam memahami konsep bilangan, membaca lambang bilangan, maupun mengurutkan lambang bilangan, dan sebagian siswa merasa bosan atau kehilangan minat dalam proses pembelajaran. Melalui penerapan media kartu bergambar, guru kelas 2 dapat mengatasi permasalahan tersebut serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini memiliki tujuan di antaranya: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran matematika kelas 2 di MI Assyafi’iyah Gringgingsari 02 Kabupaten Batang, (2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran matematika kelas 2 di MI Assyafi’iyah Gringgingsari 02 Kabupaten Batang. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Model Miles dan Huberman menjadi dasar analisis data, yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media kartu bergambar di MI Assyafi’iyah Gringgingsari 02 Kabupaten Batang telah diterapkan secara optimal sehigga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Adapun langkah yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui kartu bergambar di antaranya: (1) Menentukan tema yang sesuai, (2) Mempersiapkan bahan ajar dengan pemilihan kata maupun gambar yang jelas dan menarik, (3) Pembagian siswa menjadi beberapa kelompok, (4) Penerapan pada sebuah permainan, (5) Evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Sementara itu, terdapat faktor pendukung dalam upaya tersebut yaitu: (1) Media kartu bergambar membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak, 2) Meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, 3) Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat implementasi media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di antaranya: (1) Pengaruh keterbatasan waktu, 2) Perbedaan kemampuan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Media Kartu Bergambar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11453 |
Actions (login required)
View Item |