Pengaruh Penggunaan Media Video animasi Pada Zaman Dahulu terhadap Keefektifan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 di MI Ikhsaniyah Lebeteng

Fatimatuzzahro, Fatimatuzzahro (2024) Pengaruh Penggunaan Media Video animasi Pada Zaman Dahulu terhadap Keefektifan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 di MI Ikhsaniyah Lebeteng. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320017_ Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (409kB)
[img] Text
2320017_ Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MI Ikhsaniyah Lebeteng tempat penelitian ini menggunakan media yang belum bervariasi dan rata-rata dari gurunya sendiri lebih memilih menggunakan media buku pegangan dengan metode ceramah saja. Penggunaan media dan metode yang belum bervariasi ini menyebabkan peserta didik menjadi bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran dan menjadikan pembelajaran kurang efektif sehingga mempengaruhi nilai yang diperoleh oleh peserta didik, dimana nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik 58,6 dari 30 peserta didik. Tujuan penelitian ini antara lain untuk menjelaskan Implementasi video Animasi Pada Zaman Dahulu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 di MI Ikhsaniyah Lebeteng serta untuk menjelaskan Pengaruh Penggunaan Video Animasi Pada Zaman Dahulu terhadap Keefektifan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 di MI Ikhsaniyah Lebeteng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian One-Group Prestest-posttes yaitu dengan penelitian Pra Eksperimen yang menggunakan satu kelas untuk diteliti tanpa adanya kelas kontrol. Sampel yang digunakan dalam peneltian ini ialah sampel jenuh, dengan jumlah sempel sebanyak 30 peserta didik dari kelas 4, dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, Tes (pretest-postttest) dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh dari penggunaan media video animasi Pada Zaman Dahulu terhadap Keefektifan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 4 MI Ikhsaniyah Lebeteng. Hal ini berdasarkan hasil uji t dan uji f dengan hasil Hipotesis Uji t diperoleh nilai 0,001 yang berarti lebih kecil dari ᾱ 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah penggunaan media video animasi pada zaman dahulu. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebanyak 22,691 yang artinya lebih besar dari f tabel 4,18 hal ini dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi dari 2 variabel memiliki keberartian. Dan hal ini juga didasarkan pada hasil nilai rata-rata soal post test yang meningkat dari nilai pretes, yang tadinya nilai rata-rata pada pretest sebesar 58,7 setelah penggunaan media video animasi pada zaman dahulu nilai rata-rata posttestnya menjadi 70,2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitaningrum, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Indonesia, video animasi pada zaman dahulu
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:56
Last Modified: 11 Nov 2024 02:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item