Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Msi Viii Medono Tahun Ajaran 2023/202

Khusna, Nafi’atul (2024) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Msi Viii Medono Tahun Ajaran 2023/202. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319127_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319127_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2319127_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya gaya belajar atau modalitas belajar siswa. Gaya belajar antar siswa berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai tujuan pembelajaran dan mencapai hasil belajar yang diinginkan. Perbedaan gaya belajar siswa mengharuskan guru dan orang tua untuk memahami gaya belajar yang dimiliki siswa agar siswa mudah menerima pengetahuan yang diberikan. Apabila strategi mengajar guru sesuai dengan gaya belajar siswa maka siswa tidak akan merasakan kesulitan terhadap suatu materi, begitupun sebaliknya, apabila strategi mengajar guru tidak tepat atau tidak sesuai dengan gaya belajar siswa maka siswa akan merasa kesulitan mempelajari materi tersebut. Kegiatan belajar merupakan kegiatan paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Hal tersebut mengandung arti bahwa pencapaian tujuan pendidikan bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) bagaimana gaya belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas V di MSI VIII Medono tahun ajaran 2023/2024 dan (2) menganalisis bagaimana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MSI VIII Medono tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto, yaitu penelitian mengenai variabel yang kejadiannya telah terjadi sebelum penelitian dilaksanakan oleh peneliti dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis regresi dipilih dalam penelitian ini karena dengan teknik tersebut dapat menyimpulkan secara langsung mengenai satu variabel dependen (Y) dan satu variabel independent (X). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan gaya belajar siswa kelas V Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah VIII Medono dalam pembelajaran matematika mayoritas menggunakan gaya belajar visual dengan persentase 83,3% dari 100% siswa. Hasil pengujian signifikansi menunjukkan nilai sig bernilai 0,52 > 0,05. Maka dapat diartikan bahwa tidak adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah VIII Medono dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan output pengujian SPSS koefisiensi determinasi menunjukkan hasil, koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,106, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh variabel bebas (gaya belajar) terhadap variabel terikat (partisipasi) sangat rendah yaitu 10,6%, sisanya 89,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:02
Last Modified: 11 Nov 2024 07:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11481

Actions (login required)

View Item View Item