Penerapan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di MSI 12 Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan

Afrilianah, Afrilianah (2017) Penerapan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di MSI 12 Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih materi jual beli yang pencapaiannya hanya 13 siswa dari 33 siswa yang tuntas dalam mencapai hasil belajarnya, hal tersebut disebabkan : pertama, karena siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran mengakibatkan siswa kurang berinteraksi dengan guru ataupun temannya. Kedua, guru masih menggunakan metode yang bersifat konvensional sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi jual beli setelah penerapan metode role playing pada siswa kelas VI di MSI 12 Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi jual beli setelah penerapan metode role playing pada siswa kelas VI di MSI 12 Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MSI 12 Pabean dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa terdiri dari 20 siswa laki-dan 13 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadaptasi Model Spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan jumlah 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tindakan yaitu planning, Acting, observing dan Reflecting. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, serta tes hasil belajar baik secara kognitif maupun psikomotorik yang digunakan untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian ditunjukkan dengan perencanaan setiap siklusnya yang mengalami perbaikan berdasarkan refleksi di siklus sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Pencapaian hasil belajar pada pra siklus mencapai prosentase 39,39% dengan rata-rata hasil tes akhir 65,21, dan pada siklus I meningkat dengan prosentase hasil belajar siswa secara kognitif mencapai 60,60% dan rata-rata 69,88 yaitu ada 20 siswa yang tuntas, dan secara psikomotorik hasil belajar siswa mencapai 69,69% dan rata-rata 69,90 yaitu 23 siswa yang tuntas dan di siklus II meningkat dengan prosentase hasil belajar siswa secara kognitif mencapai 90,90% dan rata-rata 77,45 yaitu ada 30 siswa yang tuntas, dan secara psikomotorik hasil belajar siswa mencapai 87,88% dan rata-rata 76,67 yaitu 29 siswa yang tuntas. Berdasarkann hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi jual beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing dan Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:15
Last Modified: 10 Nov 2020 03:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item