Problematika Qawaid Nahwu dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Rachman, Khairunnisa (2024) Problematika Qawaid Nahwu dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220028_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2220028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan adanya kendala dari mahasiswa Pendidikan bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang ditemui ketika pembelajaran bahasa Arab bahwa kendala yang sering dialami adalah dalam memahami kaidah ke-bahasa Arab-an atau terdapat kurangnya kosakata baik dari lulusan sekolah ataupun dari lingkungan mahasiswa itu sendiri. Rata-rata mahasiwa belum mampu memahami materi dan persiapan yang kurang tepat, karena jika dilihat dari zaman sekarang profesi guru dianggap sebelah mata, apalagi yang masih menjadi guru honorer dengan gaji yang dibilang sedikit. Rumusan masalah dari penlitian ini adalah: 1. Problematika apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab dikalangan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arabdi Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid? 2. Upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab di Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid? Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: problematika dan upaya pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab mempunyai promblematika dan upaya masing-masing, salah satu problematika yang paling mencondong adalah tentang problematika linguistik (kebahasaan) yaitu kurang memahami, dan baru awal belajar tentang nahwu dan shorofnya serta mufrodat yang hampir sama kata-katanya, dengan kendala seperti itu mahasiwa melakukan upaya dengan mengikuti kajian tentang nahwu dan shorof serta mencari materi baik dibuku atau jurnal maupun di youtube dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:10
Last Modified: 11 Nov 2024 07:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item