Parwati, Putri Indah (2024) Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Smp Negeri 14 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120302_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120302_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2120302_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Putri Indah Parwati. 2024. Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik SMP Negeri 14 Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Prof. Dr. H. Muhlisin, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Religius Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Namun belakangan ini banyak berita para pelajar hamil di luar nikah, kasus pencabulan, seks bebas, narkoba, tawuran, dan lain sebagainnya. Hal ini sangat miris sekali, pelajar sebagai kaum terdidik yang seharusnya memiliki karakter yang baik namun justru rusak moralnya. Pendidikan karakter menjadi hal yang penting dan mendesak untuk mengatasi hal tersebut. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang tertera pada kurikulum merdeka merupakan suatu usaha untuk mengembangkan karakter diri khususnya karakter religius untuk menghadapi masalah moral di zaman sekarang. SMP Negeri 14 Pekalongan merupakan sekolah penggerak yang telah melaksanakan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada tahun pertama pelaksanaan. Berbagai proyek dilaksanakan dengan menarik dan berusaha menanamkan karakter religius kepada peserta didik. Hal ini yang menjadi penyebab penelitian ini dilakukan. Penelitian ini mendiskusi tiga rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam pembentukan karakter religius peserta didik SMP Negeri 14 Pekalongan, (2) Bagaimana karakter religius peserta didik SMP Negeri 14 Pekalongan, dan (3) Apa saja faktor pendorong serta faktor penghambat dalam implementasi P5 di SMP Negeri 14 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) (1) Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam pembentukan karakter religius peserta didik SMP Negeri 14 Pekalongan, (2) Kondisi karakter religius peserta didik SMP Negeri 14 Pekalongan, dan (3) Faktor pendorong serta faktor penghambat dalam implementasi P5 di SMP Negeri 14 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan atau penelitian kualitatif. Sumber data primer penelitian ini berupa wawancara terhadap pihak yang terkait dalam bahasan penelitian dan sumber data penelitian sekunder berupa data pelengkap seperti buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SMP Negeri 14 Pekalongan, Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila sudah berjalan baik dan menyeluruh di kelas 7, 8, dan 9. Implementasi P5 dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan dimulai dengan melakukan rapat koordinasi untuk menentukan proyek dan membentuk tim P5, menyusul modul proyek, dan membuat jadwal pelaksanaan proyek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Religius | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 08:00 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11557 |
Actions (login required)
View Item |