Huda, Dafid Yanuaril (2024) Peran Pembelajaran Paibp Dalam Membudayakan Pemahaman Agama Dan Penghargaan Terhadap Keragaman Agama Di SMP Negeri 1 Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal sebagai penyedia layanan pendidikan agama adalah amanah Peraturan Pemerintah. SMP N 1 Batang merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kurikulum pembelajaran PAIBP di tengah heterogensi peserta didiknya. Peran pembelajaran PAIBP sangat diperlukan guna membudayakan pemahaman agama dan penghargaan terhadap keragaman agama di sekolah tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lebih dalam peran pembelajaran PAIBP dalam membudayakan pemahaman agama dan penghargaan terhadap keragaman agama di SMP N 1 Batang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dalam bentuk fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PAIBP, guru BK, beberapa peserta didik yang terdiri dari peserta didik muslim dan non muslim, serta beberapa guru lainnya. Teknik analisis data yang digunakan merujuk teori Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian data tersebut diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi narasumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa secara umum pembelajaran PAIBP berperan dalam membudayakan pemahaman agama dan penghargaan terhadap keragaman agama di SMP N 1 Batang. Namun, dari sepuluh indikator pembudayaan agama di sekolah terdapat beberapa aspek yang masih lemah yakni dalam hal perilaku sopan santun dalam bertutur kata, budaya displin waktu yang belum sepenuhnya terbentuk, dan masih adanya perilaku perundungan yang dilakukan oleh peserta didik. Sedangkan dari dimensi penghargaan terhadap keragaman agama sudah tertanam dengan baik dibuktikan dengan adanya rasa aman dan nyaman yang dirasakan oleh peserta didik non muslim, serta adanya dialog antar pemeluk agama.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Pembelajaran PAIBP, Membudayakan Pemahaman Agama, Penghargaan terhadap Keragaman Agama | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 08:37 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11568 |
Actions (login required)
View Item |