Diana, Tatik Lalang (2024) Efektivitas Media Rotating Alphabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok B Di TK Muslimat NU Pangkah Kecamatan Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2419037_COVER_BAB 1_BAB5_DP.pdf Download (4MB) |
|
Text
2419037_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2419037_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah kemampuan membaca yang belum berkembang dengan baik, membaca adalah proses untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Sehingga dengan menggunakan media rotating alphabet, tenaga pendidik dapat menanamkan sikap positif yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran rotating alphabet untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B Di TK Muslimat NU Pangkah Kecamatan Karangdadap. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan media rotating alphabet untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B di TK Muslimat NU Pangkah Kecamatan Karangdadap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis pendekatan ini adalah penelitian eksperimen kuasi, penelitian kuasi eksperimen dilakuan karena tidak menggunakan teknik randomization (sampel yang diacak) tetapi menggunakan kelompok yang sudah tersedia (intact group) di sekolah. Penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kedua kelas diberi pre-test dan post-test. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t, dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada pengembangan media pembelajaran rotating alphabet untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kondisi awal kelas kontrol yaitu 73,1 sedangkan kondisi awal kelas eksperimen yaitu 74,1. Setelah diberikan perlakuan pembelajaran media rotating alphabet kemampuan membaca pada anak kelas eksperimen meningkat 5,3% menjadi 82,5, sedangkan nilai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran rotating alphabet juga meningkatkan namun hanya sebesar 4,9% menjadi 80,7. Besar perbedaan nilai post-test kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0,4. Maka dapat diartikan perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak tersebut layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Rotating Alphabet, Kemampuan Membaca | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:59 | ||||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 09:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11598 |
Actions (login required)
View Item |