Izzah, Ismatul (2024) Implementasi Model Koopeatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Salafiyah Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220019_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2220019_fullText.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
2220019_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran perlu dipahami oleh guru agar dapat melaksanakanpembelajaran secara efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Rendahnya hasil capaian belajar siswa kelas VIII di MTs Salafiyah YAPENSA inidipengaruhi oleh kurangnya minat belajar bahasa Arab siswa, yang menjadikan munculnya pembelajaran yang pasif di dalam kelas.Dalam hal ini peneliti mencoba menerapkan model kooperatif tipe Team Games Tournament untuk memcahkan masalah tersebut. Rumusan masalah yang diajukan meliputi, bagaimana implementasi model kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa, bagaimana hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Salafiyah YAPENSA setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan bagaimana upaya peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Salafiyah YAPENSA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII, mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII, serta mengetahui upaya peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Salafiyah YAPENSAJenggot. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil capaian belajar dengan metode games.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang tahapannya meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penlitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs YAPENSA Jenggot. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, tes, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis secara PTK deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar pesrta didik mengalamipeningkatan. Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII masih rendah hal ini diperoleh dari data awal dengan jumlah siswa 28, yang tuntas 11 siswa (39,3%), sedangkan yang tidak tuntas17 siswa(60,7%).Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siklus pertama mengalami peningkatan yakni dengan jumlah siswa 28 siswa yang tuntas 17 siswa(60,7%),sedangkan yang tidak tuntas 11 siswa (39,3%).Selanjutnya pada siklus ke dua dengan siswa 28 siswa yang tuntas 24 siswa (85,2%) sedangkan yang tidak tuntas 4 siswa (14,3%). Berdasarkan hasil penlitian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament(TGT), dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament, Implementasi, Hasil Belajar Siswa. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2024 08:02 | ||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2024 08:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11604 |
Actions (login required)
View Item |