Teknik Self Control Untuk Mengatasi Perilaku Konsumtif Impulsif Tokoh Tika Dalam Film Series “Pay Later”

Raniasti, Rifani (2024) Teknik Self Control Untuk Mengatasi Perilaku Konsumtif Impulsif Tokoh Tika Dalam Film Series “Pay Later”. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520078_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3520078_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3520078_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Masyarakat Indonesia memiliki tendensi perilaku konsumtif impulsif berupa impulsif buying yakni pembelian produk secara spontan di luar perencanaan. Dalam konteks film, series “Pay Later” dapat menjadi manifestasi dari masalah dan isu sosial mengenai perilaku konsumtif impulsif yang terjadi dalam masyarakat saat ini. Perilaku konsumtif yang berlebihan dan berdampak negatif baik pada individu, keluarga, maupun masyarakat. Dalam film series “Pay Later” bercerita, untuk dapat keluar dari perilaku konsumtif impulsifnya Tika (karakter utama) dibantu temannya yang bernama Dion, seorang terapis profesional yang berpengalaman untuk menangani masalah keuangan dan perilaku impulsifnya, Tika dibantu untuk mengembangkan strategi kontrol diri. Self control (kontrol diri) merupakan salah satu teknik yang biasa digunakan dalam proses konseling. Keberhasilan pengelolaan tingkah laku Tika, menggambarkan proses perbaikan diri bukanlah hal yang mudah tetapi bukan berarti tidak mungkin. Proses diri inilah yang kemudian dianalisis dan dikaji lebih mendalam dengan dua rumusan. Pertama, bagaimana gambaran perilaku konsumtif impulsif tokoh Tika dalam film series “Pay Later” yang diidentifikasi melalui karakteristik impulsive buying sebagaimana yang dikemukakan Rook. Kedua, bagaimana teknik self control untuk mengatasi perilaku konsumtif impulsif tokoh Tika dalam film series “Pay Later”. Perilaku ini akan dianalisis menggunakan teori self control milik James Averil. Dengan mengkaji dua rumusan tersebut diharapkan dapat menjadi edukasi mengenai potensi risiko dan dampak negatif perilaku konsumtif impulsif serta gambaran mengenai self control. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi pustaka. Pendekatan menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi serta dokumentasi berupa audio visual dari film series “Pay Later”. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) gambaran perilaku konsumtif impulsif Tika berupa adanya spontanitas; dorongan yang kuat; kegairahan terhadap rangsangan; dan pengabaian terhadap konsekuensi. (2) self control untuk mengatasi konsumtif impulsif Tika berupa: a. behavior control yakni pengendalian situasi dengan mencari bantuan dari orang lain dan mengendalikan perilakunya melalui pengendalian respon terhadap situasi untuk meminimalisir stimulus; b. cognitive control yakni memilah informasi yang didapat dari pengalaman orang lain dan penafsiran subjektif terhadap suatu keadaan yang diinterpretasikan pada diri Tika. c. decision control yakni adanya keinginan berubah dan berusaha memperbaikinya dengan membayar utangutangnya meskipun pada awalnya karena paksaan orang tuanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAl Amin, Mohammad FuadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self Control, Perilaku Konsumtif Impulsif, Film Series.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:44
Last Modified: 12 Nov 2024 03:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

View Item View Item