Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Film Animasi “Omar Dan Hana” Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Di SD Muhammadiyah Paesan

Masyitoh, Aprilia (2024) Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Film Animasi “Omar Dan Hana” Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Di SD Muhammadiyah Paesan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318027_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318027_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2318027_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan komponen dari Kurikulum Merdeka. Pada Profil Pelajar Pancasila terdapat enam elemen, diantaranya Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa; Berkebhinakaan Global; Bergotong Royong; Mandiri; Bernalar Kritis; dan Kreatif. Keenam elemen Profil Pelajar Pancasila akan diimplementasikan pada pembelajaran di sekolah. Salah satu yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yakni penggunaan media pembelajaran yang menarik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan baik di sekolah maupun di rumah untuk anak usia MI/SD yakni serial animasi Omar dan Hana. Serial Animasi Omar dan Hana merupakan serial animasi yang memiliki karakter islami, memiliki rating tinggi, serta menampilkan nilai-nilai Profil Pelajar pancasila disetiap episodenya. Serial animasi tersebut menjadi favorite bagi anak usia MI/SD karena alur cerita yang disampaikan ringan sehingga dapat dengan mudah diterima oleh anak. Banyaknya nilai Profil Pelajar pancasila yang ditampilkan, membuat serial animasi tersebut relevan dengan pendidikan anak usia MI/SD. Dari pemaparan masalah yang telah ditemukan, tujuan dalam penelitian ini diantaranya untuk mengidentifikasi nilai-nilai Profil Pelajar pancasila yang terkandung dalam serial animasi Omar dan Hana episode Yuk Ibadah, Rumah Pohon, Kasian Penyu, dan Adam Pasti Bisa serta untuk menganalisis relevansi nilai-nilai Profil Pelajar pancasila dalam serial animasi Omar dan Hana dalam pendidikan anak MI/SD. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi pustaka (literature review). Teknik penelitian dalam menemukan data dengan menggunakan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis semiotika Roland Gerard Barthes. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: (1) Serial animasi Omar dan Hana merupakan serial anak berbasis Islami yang mengandung nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang meliputi Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berkebhinekaan Global, Mandiri, Bergotong-Royong, Bernalar Kritis, dan Kreatif; dan (2) Serial animasi Omar dan Hana dipandang memiliki relevansi dengan pendidikan anak usia MI/SD. Dari nilai Profil Pelajar pancasila yang terdapat dalam episode “Yuk Ibadah”, “Rumah Pohon”, “Kasian Penyu”, dan “Adam Pasti Bisa” memperoleh persamaan dengan kondisi di lapangan anak usia MI/SD. Serta beberapa cakupan materi pembelajaran MI/SD sudah berlandas atas nilai-nilai Profil Pelajar pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Profil Pelajar Pancasila, Omar dan Hana.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:43
Last Modified: 06 Jan 2025 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item View Item