Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlaq Lil Banin Dalam Membina Akhlaq Siswa Kelas Viii Di Mts Implementasi Salafiyah Nu Karanganyar Tirto Pekalongan

Sulaim, Muhammad (2024) Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlaq Lil Banin Dalam Membina Akhlaq Siswa Kelas Viii Di Mts Implementasi Salafiyah Nu Karanganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118361_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2118361_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2118361_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Meningkatnya kemerosotan moral yang terjadi saat ini kemungkinan besar akan berdampak pada karakter generasi mendatang, contoh nyata terlihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti permasalahan pergaulan bebas, bulliying, menipu dan tindakan keji lainnya, sehingga mengakibatkan sifat-sifat terpuji yang membentuk jati diri bangsa kita, seperti rendah hati, toleransi, jujur, dan ka sih sayang, menjadi sangat langkah. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana implementasi pembelajaran kitab akhlaq lil banin dalam membina akhlaq siswa, apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran kitab akhlaq lil banin dalam membina akhlaq siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskrispsikan implementasi pembelajaran kitab akhlaq lil banin dalam membina akhlaq siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknk analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunujukan bahwa: (1) implementasi pemebelajaran kitab akhlaq lil banin dalam membina akhlaq siswa kelas VIII dilaksanakan melalui tiga tahap, yang pertama perencanaan berupa penyediaan guru yang berkompeten dan memiliki kapabilitas dalam pembelajaran kitab. Yang kedua pelaksanaan pembelajaran kitab akhlaq lil banin melalui kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran. Yang ketiga evaluasi. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kitab akhlaq lil banin dalam membina akhlaq siswa kelas VIII. Faktor pendukung dianataranya SDM guru yang memadai, sarana prasarana yang memadai diantaranya kelas yang bersih dan juga nyaman serta ketersediaan kitab di koperasi madrasah menjadi nilai plus, faktor penghambat di antaranya: Kelemahan siswa dalam menulis dan membaca makna serta jam pembelajaran terbatas yang berdurasi 1x45 menit juga menjadi kendala dalam pelaksanaan proses pembeajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftakhulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kitab Akhlaq lil banin , Pembinaan Akhlaq.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2024 06:31
Last Modified: 12 Nov 2024 06:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11626

Actions (login required)

View Item View Item