Hidayah, Nur (2024) Implementasi Program Takhassus Dalam Pembelajaran Nahwu Kelas Ibtida’ Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj Bandar Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220070_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220070_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2220070_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Hidayah, Nur. 2024. Implementasi Program Takhassus dalam Pembelajaran Nahwu Kelas Ibtida’ Santri Putri Pondok Pesantren Al Minhaj Bandar Batang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Muhammad Alghiffary, M.Hum Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya santri yang hanya terpaku dengan sekolah formal karena waktu sekolah formal lebih banyak sehingga anak pondok menyepelekan kegiatan pembelajaran dipesantren. Dari obsevasi tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Implementasi Pembelajaran Nahwu dalam Program Takhassus Kelas Ibtida’ Santri Putri Pondok Pesantren salafiyah Al Minhaj Bandar Batang, mengingat pentingnya pembelajaran nahwu di pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program takhassus dalam pembelajaran nahwu kelas ibtida’ santri putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj Bandar dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pembelajaran nahwu dalam program takhassus kelas ibtida’ santri putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj Bandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang mencakup tiga hal yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran nahwu dalam program takhassus kelas ibtida’ santri putri berjalan cukup baik karena sudah sesuai dengan langkah-langkah pada pembelajaran, yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kelebihan dari implementasi pembelajaran nahwu dalam program takhassus kelas ibtida’ santri putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj adalah santri memiliki semangat dan minat yang tinggi dalam pembelajran nahwu. Kekurangannya yaitu manajemen pembelajaran yang masih belum terstruktur dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Takhassus, Pembelajaran Nawu, Kelas Ibtida’ | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 06:49 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 06:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11635 |
Actions (login required)
View Item |