Implementasi Program Takhassus Dalam Pembelajaran Nahwu Kelas Ibtida’ Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj Bandar Batang

Hidayah, Nur (2024) Implementasi Program Takhassus Dalam Pembelajaran Nahwu Kelas Ibtida’ Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj Bandar Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220070_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220070_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220070_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hidayah, Nur. 2024. Implementasi Program Takhassus dalam Pembelajaran Nahwu Kelas Ibtida’ Santri Putri Pondok Pesantren Al Minhaj Bandar Batang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Muhammad Alghiffary, M.Hum Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya santri yang hanya terpaku dengan sekolah formal karena waktu sekolah formal lebih banyak sehingga anak pondok menyepelekan kegiatan pembelajaran dipesantren. Dari obsevasi tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Implementasi Pembelajaran Nahwu dalam Program Takhassus Kelas Ibtida’ Santri Putri Pondok Pesantren salafiyah Al Minhaj Bandar Batang, mengingat pentingnya pembelajaran nahwu di pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program takhassus dalam pembelajaran nahwu kelas ibtida’ santri putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj Bandar dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pembelajaran nahwu dalam program takhassus kelas ibtida’ santri putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj Bandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang mencakup tiga hal yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran nahwu dalam program takhassus kelas ibtida’ santri putri berjalan cukup baik karena sudah sesuai dengan langkah-langkah pada pembelajaran, yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kelebihan dari implementasi pembelajaran nahwu dalam program takhassus kelas ibtida’ santri putri Pondok Pesantren Salafiyah Al Minhaj adalah santri memiliki semangat dan minat yang tinggi dalam pembelajran nahwu. Kekurangannya yaitu manajemen pembelajaran yang masih belum terstruktur dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlghiffary, M. Hum, Muhammad19900608201931004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Takhassus, Pembelajaran Nawu, Kelas Ibtida’
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2024 06:49
Last Modified: 12 Nov 2024 06:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11635

Actions (login required)

View Item View Item