Shalshabila, Zalwa Layra (2024) Upaya Guru Kelas Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Melalui Program Pembiasaan Di SDN 02 Wangandowo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2320154_Layra Zalwa Shalshabila_Cover-BAB I-BAB V.pdf Download (569kB) |
|
Text
full text OK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2320154_Layra Zalwa Shalshabila_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah penelitian ini ialah kendala yang guru hadapi dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris pada siswa kelas IV. Antara lain: Kurangnya dukungan dilingkungan sekitar, siswa yang menganggap Bahasa Inggris sulit dipahami, dan kurangnya rasa percaya diri siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, guru kelas mengadakan program pembiasaan sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris siswa kelas IV, yang dianggap membantu para siswa dalam mengembangkan kemampuan bahasa inggris. Tujuan penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui bagaimana upaya guru kelas dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswa kelas IV melalui program pembiasaan di SDN 02 Wangandowo Kabupaten Pekalongan. Kedua, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswa kelas IV melalui program pembiasaan di SDN 02 Wangandowo Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti, menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, upaya yang dilakukan guru kelas untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris pada siswa kelas IV, melalui program pembiasaan di sdn 02 wangandowo kabupaten pekalongan ialah menggunakan media dan metode dengan beberapa keterampilan Bahasa Inggris. Pertama, keterampilan kosakata Bahasa Inggris menggunakan media flashcard. Kedua, keterampilan menulis menggunakan metode berkelompok dan individu. Dengan cara metode berkelompok, siswa dapat berdiskusi dan bertukar ide sebelum menulis Bahasa Inggris. Ketiga, keterampilan berbicara Bahasa Inggris menggunakan metode bernyanyi dapat mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Terakhir, keterampilan membaca dengan metode membaca buku ajar Bahasa Inggris dikelas. Hal ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemahaman mereka, melalui latihan membaca. Adapun faktor pendukung dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswa kelas IV melalui program pembiasaan adalah adanya motivasi guru kelas, adanya sarana dan prasarana yang mendukung dan adanya minat siswa untuk belajar. Sedangkan faktor penghambat nya adalah siswa yang beranggapan Bahasa Inggris sulit dipahami, kurangnya rasa percaya diri siswa dan kurangnya dukungan dilingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru dan Bahasa Inggris | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 08:00 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 08:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11651 |
Actions (login required)
View Item |